Pengembangan media pembelajaran berbasis gamifikasi pada mata pelajaran manajemen perkantoran dan layanan bisnis untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas x otkp smk negeri 2 kediri) / Andang Maqrizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis gamifikasi pada mata pelajaran manajemen perkantoran dan layanan bisnis untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas x otkp smk negeri 2 kediri) / Andang Maqrizal

Maqrizal, Andang (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis gamifikasi pada mata pelajaran manajemen perkantoran dan layanan bisnis untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas x otkp smk negeri 2 kediri) / Andang Maqrizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi pada era globalisasi saat ini memiliki dampak yang signifikan terhadap dunia Pendidikan. Dalam dunia Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar dan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran ini guru dituntut untuk dapat mewujudkan pencapaian hasil belajar yang memuaskan. Salah satu contohnya yaitu dengan adanya penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media pemebalajran ini bertujuan untuk mendorong belajar siswa agar dapat mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan alurnya. Berkaitan dengan hal tersebut dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran membutuhkan sebuah sistem untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran. Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Gamifikasi merupakan sebuah media pembelajaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi yakni handphone. Media pembelajaran ini membutuhkan jaringan internet untuk mengakses nya. Kegiatan pembelajaran Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun pengguna berada. Sistem tersebut tidak hanya menyediakan fasilitas untuk materi pembelajaran namun pengguna dapat mengevaluasi hasil pemahaman dalam menerima pembelajaran tersebut pada menu bagian evaluasi. Kemudahan dalam kegiatan pembelajaran secara jarak jauh dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Gamifikasi ini akan memiliki dampak yang positif bagi siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. Karena siswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis dengan begitu mudah maka akan memotivasi siswa dalam mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Gamifikasi ini layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Dengan adanya media pembelajaran tersebut siswa mudah dalam melakukan kegiatan pembelajaran Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis. Kemudahan dalam memperoleh materi dan media pembelajaran ini dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 01:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200888

Actions (login required)

View Item View Item