Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs6 untuk siswa kelas x administrasi perkantoran pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran / Gagah Priyo Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs6 untuk siswa kelas x administrasi perkantoran pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran / Gagah Priyo Wicaksono

Wicaksono, Gagah Priyo Wicaksono (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs6 untuk siswa kelas x administrasi perkantoran pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran / Gagah Priyo Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses pembelajaran sehingga makna dan tujuan dari guru dapat tersampaikan kepada peserta didik secara lebih efektif dan efisien. Adobe Flash CS6 merupakan salah satu media yang memiliki fitur yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai media pembelajaran Administrasi Perkantoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 agar memberikan suasana berbeda yang dapat mengubah persepsi serta motivasi siswa mengenai mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran khususnya pada kompetensi dasar memahami azas tujuan dan jenis tata ruang kantor. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan dengan menggagas metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Peneliti mengembangkan produk media pembelajaran Administrasi Perkantoran berbasis Adobe Flash CS6 dengan materi memahami azaz tujuan dan jenis tata ruang kantor. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa media pembelajaran Adobe Flash CS6 yang telah mendapatkan validasi baik dari segi media maupun materi dan termasuk dalam kriteria valid. Hasil rata-rata yang didapatkan dari validasi ahli materi adalah 98 2% dan validasi ahli media menunjukkan persentase pada aspek penilaian tingkat kelayakan media didapatkan nilai 75%. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran untuk penyebarluasan produk atau karya yang telah dikembangkan agar lebih dikenal oleh masyarakat luas serta dimanfaatkan sebagai mana fungsinya. Untuk hal ini masih terbatas pada materi yang dikembangkan selanjutnya peneliti akan mengembangkan karya lain yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 07:15
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200887

Actions (login required)

View Item View Item