Prototype pengukur kecepatan benda menggnakan sensor ultrasonik berbasis mikrokontroler AT89S52 / Rudi Mahsun - Repositori Universitas Negeri Malang

Prototype pengukur kecepatan benda menggnakan sensor ultrasonik berbasis mikrokontroler AT89S52 / Rudi Mahsun

Rudi Mahsun (2009) Prototype pengukur kecepatan benda menggnakan sensor ultrasonik berbasis mikrokontroler AT89S52 / Rudi Mahsun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Besar laju gelombang bunyi pada suara yang mendekat atau menjauhi pengamat mengindikasikan bahwa adanya kesesuaian antara besar laju gelombang bunyi dengan besar laju sumber bunyi fenomena ini disebut dengan fenomena Efek Doppler. Berdasarkan fenomena tersebut dapat dibuat suatu sistem sensing ultrasonik terhadap kecepatan kendaraan sehingga dapat diaplikasikan dalam mengontrol laju kendaraan bagi para pengguna jalan raya untuk terciptanya ketertiban lalulintas. Perancangan sistem ini bertujuan untuk menghasilkan prototype pengukur kecepatan benda dengan memanfaatkan Efek Doppler gelombang ultrasonik dengan dukungan mikrokontoler AT89S52 bersama softwarenya. Sistem ini terdiri dari sensor dan transduser ultrasonik mikrokontroler AT89S52 dan display LCD. Apabila benda bergerak menjauhi sensor maka gelombang dari transmiter akan dipantulkan menuju receiver dengan besar frekuensi yang berbeda. Kecepatan benda dapat ditentukan dari besar perubahan frekuensi yang terjadi. Sistem ini memanfaatkan timer/counter mikrokontroler AT89S52 Hasil dari rancang bangun prototype sistem ini adalah sistem pemantau kecepatan gerak benda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20088

Actions (login required)

View Item View Item