Azmi, Arifa (2022) Pengembangan media pembelajaran autoplay studio 8 berbasis virtual laboratory untuk meningkatkan hasil belajar siswa abad 21 (studi pada siswa kelas XI OTKP SMKN 1 Turen). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran abad 21 menekankan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Melalui pembelajaran berbasis teknologi digital peserta didik seolah-olah dibawa masuk ke dunia pembelajaran yang nyata. Hal tersebut diaktualisasikan menjadi suatu media dengan mengusung tema virtual yang saat ini banyak dibicarakan sebagai bentuk pembaruan dari media pembelajaran modern saat ini. Media sendiri berfungsi sebagai instruksi dimana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata sehingga pembelajaran dapat terjadi. Oleh karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran AutoPlay Studio 8 berbasis Virtual Laboratory pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana amp Prasarana kelas XI program keahlian OTKP sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran abad 21 serta berdaya guna untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan Media Pembelajaran AutoPlay Studio 8 berbasis Virtual Laboratory pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana amp Prasarana kelas XI program keahlian OTKP (2) untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran AutoPlay Studio 8 berbasis Virtual Laboratory melalui uji validitas dan (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan melihat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI OTKP di SMKN 1 Turen. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R amp D) oleh Borg amp Gall yang terdiri dari sepuluh langkah dan telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian. Model pengembangan hasil modifikasi yang akan digunakan dalam penelitian ini terdiri atas delapan tahap yaitu (1) Studi pendahuluan (2) Perencanaan (3) Desain produk awal (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk terbatas atau uji kelompok kecil (7) Revisi produk dan 8) (Uji coba produk lebih luas atau uji kelompok besar. Validator dalam penelitian ini adalah satu dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang sebagai ahli media satu guru pengampu Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana SMKN 1 Turen sebagai ahli materi dan 12 siswa kelas XI OTKP 2 SMKN 1 Turen sebagai pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran AutoPlay Studio 8 berbasis Virtual Laboratory dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari akumulasi hasil validasi ahli media ahli materi dan pengguna dengan total sebesar 89 01% yang artinya memenuhi kriteria sangat valid/layak digunakan. Perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dari rata-rata nilai pada kelas eksperimen setelah dikalkulasi berdasarkan aspek kognitif adalah 88 38 dengan persentase ketuntasan sebesar 90 32% sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol setelah dikalkulasi berdasarkan aspek kognitif adalah 77 74 dengan persentase ketuntasan sebesar 67 74%. Berdasarkan tabel hasil uji Independent t-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0 019 maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 08:51 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200871 |
Actions (login required)
View Item |