Pengembangan asesmen digital berbasis game edukatif quizizz pada mata pelajaran marketing / Nofa Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan asesmen digital berbasis game edukatif quizizz pada mata pelajaran marketing / Nofa Nur Azizah

Azizah, Nofa Nur (2022) Pengembangan asesmen digital berbasis game edukatif quizizz pada mata pelajaran marketing / Nofa Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan pemerintah Indonesia melakukan perubahan ekstrem dengan mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud Ristek Nomor 2 Tahun 2022 yang mengatur tentang Panduan Penyelanggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Kebijakan ini disertai dengan instruksi penerapan pembalajaran tatap muka terbatas atau pembelajaran daring. Selain itu pada abad 21 ini peserta didik diharuskan menguasai kompetensi 4C yaitu creativity and innovation critical thinking communication dan collaboration. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan asesmen digital berbasis game edukatif Quizizz yang dapat mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik dan mengembangkan keterampilan abad 21 menguji kelayakan serta mengetahui respon peserta didik terhadap produk asesmen digital. Pengembangan berupa soal penilaian harian untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesudah mempelajari mata pelajaran Marketing KD 3.7 menganalisis siklus daur hidup produk dan KD 3.8 menerapkan strategi pemasaran barang dan jasa. Soal tes masing-masing KD terdiri dari 25 butir soal yang lengkap dengan silabus RPP kisi-kisi soal rubrik penilaian kunci jawaban dan panduan penggunaan Quizizz. Metode penelitian yang digunakan adalah R amp D model Borg amp Gall yang telah dimodifikasi. Instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase 98% (sangat valid) dan hasil validasi ahli asesmen diperoleh persentase 91% (sangat valid). Sedangkan persentase respon peserta didik terhadap asesmen digital berbasis game edukatif Quizizz tersebut sebesar 86% (sangat menarik). Demikian asesmen digital yang yang telah dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 07:22
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200842

Actions (login required)

View Item View Item