Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning pada materi sistem ekskresi untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas xi sman 1 garum / Mahesti Puspa Parnasukma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning pada materi sistem ekskresi untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas xi sman 1 garum / Mahesti Puspa Parnasukma

Parnasukma, Mahesti Puspa Parnasukma (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning pada materi sistem ekskresi untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas xi sman 1 garum / Mahesti Puspa Parnasukma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran meliputi silabus RPP UKBM dan instrumen evaluasi keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah berbasis Problem Based Learning yang telah teruji kevalidan dan kepraktisannya. Metode yang digunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian adalah validator guru calon pengguna produk dan siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Garum berjumlah 36 siswa. Validator terdiri dari ahli perangkat pembelajaran ahli materi dan praktisi pendidikan Biologi. Hasil validasi silabus secara berurutan sebesar 99 33% 100% 99 33% kriteria sangat valid. RPP secara keseluruhan sebesar 100% kriteria sangat valid. UKBM secara keseluruhan sebesar 100% kriteria sangat valid. Instrumen evaluasi secara berurutan sebesar 100% 100% 98 75% kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan guru calon pengguna produk sebesar 99 33% 99 02% 100% 100% kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan siswa terhadap UKBM pada uji coba perorangan kelompok kecil lapangan dan uji coba pendahuluan secara berurutan sebesar 83% 84 67% 88% 94% kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada materi sistem ekskresi telah teruji sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran guna melatih keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI di SMAN 1 Garum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200841

Actions (login required)

View Item View Item