Pengaruh modul kualitas air waduk gajah mungkur berbasis problem-based learning terhadap perilaku pro- lingkungan siswa kelas x sma negeri 2 wonogiri / Inaya Setiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modul kualitas air waduk gajah mungkur berbasis problem-based learning terhadap perilaku pro- lingkungan siswa kelas x sma negeri 2 wonogiri / Inaya Setiani

Setiani, Inaya Setiani (2022) Pengaruh modul kualitas air waduk gajah mungkur berbasis problem-based learning terhadap perilaku pro- lingkungan siswa kelas x sma negeri 2 wonogiri / Inaya Setiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan IPTEK pada era modern berdampak terhadap tantangan dunia berupa transformasi iklim penurunan sumber daya atau berkurangnya tingkat keseragaman hayati merupakan hal yang perlu dicermati oleh seluruh lembaga di dunia. Perilaku manusia umumnya sebagai kontributor utama berbagai isu lingkungan termasuk perubahan iklim polusi dan hilangnya keanekaragaman hayati. Kurangnya keterampilan pemecahan masalah akan berdampak pada perilaku yang membahayakan lingkungan. Pendidikan memiliki peran untuk memahami tindakan adaptasi serta konsekuensinya untuk menyelesaikan krisis iklim global salah satunya adalah dengan menggunakan modul dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan keterampilan pemecahan masalah dan perilaku pro lingkungan antara siswa yang menggunakan modul Problem-Based Learning dan siswa yang menggunakan buku paket biologi. Jenis penelitian ini quasi-experiment. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling dengan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen (36 siswa) yang belajar dengan modul pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol (36 siswa) dengan buku paket biologi. Hasil pengujian dengan ANCOVA menunjukkan nilai signifikansi perilaku pro lingkungan 0 019 lt 0 05. Oleh karena itu dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku pro lingkungan siswa yang menggunakan modul pembelajaran berbasis Problem-Based Learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan textbook biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200823

Actions (login required)

View Item View Item