Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan model inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman tumbuhan untuk melatih penalaran ilmiah siswa kelas xi mipa sman 1 ponorogo / Erma Wahyu Safira Nastiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan model inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman tumbuhan untuk melatih penalaran ilmiah siswa kelas xi mipa sman 1 ponorogo / Erma Wahyu Safira Nastiti

Nastiti, Erma Wahyu Safira Nastiti (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi dengan model inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman tumbuhan untuk melatih penalaran ilmiah siswa kelas xi mipa sman 1 ponorogo / Erma Wahyu Safira Nastiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penalaran ilmiah merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki siswa di abad 21. Penalaran ilmiah siswa di SMAN 1 Ponorogo pada materi keanekaragaman tumbuhan masih rendah sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran (silabus RPP instrumen penilaian dan bahan ajar) dengan model inkuiri terbimbing pada materi keanekaragaman tumbuhan untuk melatih penalaran ilmiah siswa di SMAN 1 Ponorogo. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan model ADDIE (analisis desain pengembangan implementasi evaluasi). Tahap implementasi tidak dilaksanakan karena pandemi covid sehingga pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Hasil validasi oleh ahli perangkat pembelajaran sangat valid (silabus 98.6% RPP 100% bahan ajar 93.1% instrumen penilaian 100%). Hasil validasi oleh ahli materi pembelajaran sangat valid (RPP 100% bahan ajar 100%). Hasil validasi oleh ahli asesmen (instrumen penilaian 88% naskah soal 80%). Hasil validasi oleh ahli praktisi lapangan (silabus 100% RPP 98.2% bahan ajar 98.9% instrumen penilaian 91.2%). Hasil kepraktisan guru sangat praktis (silabus 94.7% RPP 95.5% bahan ajar 100% instrumen penilaian 100%). Hasil kepraktisan oleh siswa sangat praktis (uji coba perorangan 96.8% uji coba kelompok kecil 91.1% uji coba lapangan 94.5% melakukan uji coba 99.2%). Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran valid dan praktis untuk melatih penalaran ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200817

Actions (login required)

View Item View Item