Harefa, Mardianto Harefa (2022) Pengembangan e-module sistem respirasi manusia dan sistem ekskresi manusia dilengkapi qr code berbasis pbl untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa / Mardianto Harefa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru harus mampu menyiapkan siswa yang menguasai berbagai kecakapan hidup abad XXI salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis. Hasil tes keterampilan berpikir kritis 29 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Malang memperoleh rerata skor sebesar 44 28 yang termasuk kurang kritis. Pembelajaran dengan bahan ajar elektronik berbasis PBL yang memuat indikator keterampilan berpikir kritis dan dilengkapi QR Code menjadi alternatif solusi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module Sistem Respirasi Manusia dan Sistem Ekskresi Manusia dilengkapi QR Code berbasis PBL yang valid dan praktis untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze Design Develop Implement dan Evaluate). Tahapan Implement tidak dilakukan karena kedua materi e-module berada pada semester genap dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA. Hasil uji validitas materi kedua e-module sebesar 100% validitas media sebesar 98 57% dan 98 1% validitas asesmen sebesar 99 47% dan 99 54% validitas perangkat pembelajaran sebesar 100% dan validitas kedua produk menurut praktisi pendidikan biologi sebesar 92 9% dan 92 26%. Hasil uji kepraktisan kedua e-module tergolong sangat praktis. Kedua e-module tergolong sangat valid dan praktis untuk memberdayakan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Uji keefektifan kedua e-module perlu dilakukan untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 02:52 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200808 |
Actions (login required)
View Item |