Pengembangan perangkat pembelajaran e-learning dengan model inkuiri terbimbing untuk melatih literasi ICT dan mengukur hasil belajar materi sistem reproduksi manusia siswa SMA Negeri 5 Malang / Dliya Amaliya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran e-learning dengan model inkuiri terbimbing untuk melatih literasi ICT dan mengukur hasil belajar materi sistem reproduksi manusia siswa SMA Negeri 5 Malang / Dliya Amaliya

Amaliya, Dliya Amaliya (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran e-learning dengan model inkuiri terbimbing untuk melatih literasi ICT dan mengukur hasil belajar materi sistem reproduksi manusia siswa SMA Negeri 5 Malang / Dliya Amaliya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi ICT merupakan kemampuan dalam mengelola mengatur mengintegrasikan mengevaluasi informasi dan membangun pengetahuan baru serta melakukan komunikasi dalam teknologi. Untuk melatih keterampilan literasi ICT siswa harus memiliki 4 kategori yaitu kemampuan berpikir kemampuan bekerja kemampuan mengelola teknologi dan kemampuan menjalani kehidupan. Penggunaan e-learning dapat mendukung literasi ICT siswa dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran e-learning dengan model inkuiri terbimbing untuk melatih literasi ICT dan mengukur hasil belajar pada materi reproduksi manusia. Indikator ICT yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pencarian dan proses menghasilkan komunikasi dan penilaian digital. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba adalah siswa kelas XI MIA D4 SMAN 5 Malang dengan jumlah siswa 35 orang dan praktisi pendidikan. Hasil uji validasi produk oleh ahli perangkat sebesar 99 16% (sangat valid) ahli materi 100 % (sangat valid) dan praktisi pendidikan sebesar 100 %. Hasil uji kepraktisan oleh praktisi pendidikan sebesar 87 09 % (sangat praktis) uji coba perorangan 90 93 % uji coba kelompok kecil 91 04% uji coba kelompok besar 86 14 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran e-learning yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran untuk melatih literasi ICT dan mengukur hasil belajar siswa kelas XI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 01 Feb 2024 03:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200756

Actions (login required)

View Item View Item