Pengembangan bahan ajar berbasis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi laju reaksi / Ion Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi laju reaksi / Ion Wijaya

Wijaya, Ion Wijaya (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis pemahaman konsep kimia, representasi kimia, dan kompetensi representasi pada materi laju reaksi / Ion Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu kimia khususnya materi laju reaksi mempelajari komposisi materi perubahan materi hukum dasar serta konsep yang bersifat abstrak. Materi laju reaksi dirasa sulit oleh peserta didik sehingga diperlukan suatu sumber dan media pembelajaran agar memudahkan peserta didik untuk mempelajarinya. Salah satu sumber dan media pembelajaran yang dimaksud adalah bahan ajar. Bahan ajar memiliki peran yang sangat penting karena merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu bahan ajar laju reaksi baru perlu diciptakan untuk mengakomodasi konsep-konsep yang bersifat abstrak. Konsep-konsep tersebut dapat digambarkan dengan representasi kimia kemudian dijelaskan melalui kompetensi representasi. Berdasarkan uraian di atas penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan Bahan Ajar Laju Reaksi Berbasis Pemahaman Konsep Kimia Representasi Kimia dan Kompetensi Representasi yang valid dan layak serta 2) menganalisis uji validitas dan uji keterbacaan terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Desain penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah tahap define tahap design tahap develop dan tahap disseminate yang mengacu pada model 4-D oleh Thiagarajan dkk (1974). Namun tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi dan lembar angket uji keterbacaan. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh dua validator dari dosen Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang dan selanjutnya diuji keterbacaan oleh 32 peserta didik kelas XI-MIPA di SMA Negeri 3 Kota Kediri. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik statistika deskriptif menggunakan rumus persentase. Analisis data tersebut kemudian ditafsirkan sesuai rentang kriteria menurut skala Likert. Sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil validasi bahan ajar diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan dengan kategori sangat valid. Sementara hasil uji keterbacaan bahan ajar diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa bahan ajar yang dikembangkan dikategorikan sangat layak dengan sedikit revisi untuk digunakan. Menindaklanjuti penelitian yang dilakukan maka bahan ajar ini dapat dikembangkan lebih lanjut ke tahap disseminate (penyebaran).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200751

Actions (login required)

View Item View Item