Simulasi tumbuhan partikel gas ideal dengan model cellular automata / Septria Andia Ratna Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Simulasi tumbuhan partikel gas ideal dengan model cellular automata / Septria Andia Ratna Putri

Septria Andia Ratna Putri (2009) Simulasi tumbuhan partikel gas ideal dengan model cellular automata / Septria Andia Ratna Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gas memiliki partikel yang bergerak acak dan dapat dengan mudah berbaur dengan sesamanya. Pergerakan partikel yang acak ini dapat menyebabkan terjadinya tumbukan partikel dengan dinding dan antar partikel. Tumbukan ini dapat dipengaruhi oleh banyaknya partikel. Tumbukan partikel dapat disimulasikan dengan menggunakan cellular automata. Di dalam cellular automata pergerakan partikel diatur dengan suatu aturan. Sebelumnya Norman Margolous menciptakan suatu aturan reversible (bolak-balik) yang kemudian digunakan oleh Edward Fredkin untuk membuat simulasi Billiard Ball Machine. Aturan tersebut lebih dikenal dengan aturan Margolous. Aturan Margolous merupakan aturan yang diaplikasikan dalam suatu sel dalam blok 2x2 (anonim 2000). Aturan Margolous juga dapat dikembangkan menjadi aturan random (acak). Hasil dari skripsi ini adalah program simulasi tumbukan partikel gas ideal dengan model cellular automata 2 dimensi 8 tetangga. Aturan yang digunakan adalah aturan acak. Dengan menggunakan aturan acak dapat dihasilkan beberapa arah tumbukan partikel gas yang menyerupai bentuk di alam yaitu gerak dan tumbukan partikel gas ideal yang acak. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam skripsi ini adalah bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20075

Actions (login required)

View Item View Item