Pengembangan bahan ajar kesetimbangan kimia yang berorientasi literasi ilmiah berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) / Abitya Rachmatika Refanis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kesetimbangan kimia yang berorientasi literasi ilmiah berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) / Abitya Rachmatika Refanis

Refanis, Abitya Rachmatika Refanis (2021) Pengembangan bahan ajar kesetimbangan kimia yang berorientasi literasi ilmiah berbasis explicit scientific inquiry instruction (esii) / Abitya Rachmatika Refanis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi ilmiah merupakan keterampilan seseorang untuk mempelajari menginformasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ilmiah untuk mengatasi rmasalah baik dalam konteks personal maupun konteks lingkungan. Kurikulum 2013 menetapkan literasi ilmiah sebagai bagian dari luaran pembelajaran. Namun demikian berbagai survei menunjukkan bahwa literasi ilmiah anak-anak Indonesia belum memuaskan. Berdasarkan hasil analisis PISA di tahun 2018 peserta didik Indonesia berada pada urutan 71 dari 79 negara peserta. Rata-rata nilai sains anak Indonesia menurut data OECD tahun 2018 adalah 396 padahal rata-rata nilai OECD untuk sains internasional adalah 500. Salah satu model pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan literasi ilmiah peserta didik adalah Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII). Topik Kesetimbangan Kimia mempunyai materi pelajaran yang dapat memenuhi semua aspek literasi ilmiah yaitu aspek pengetahuan ilmiah aspek kompotensi ilmiah dan aspek konteks. Penelitian ini bertujuan untuk penghasilkan Bahan Ajar Kesetimbangan Kimia untuk meningkatkan literasi ilmiah siswa berbasis Explicit Scientific Inquiry Instruction (ESII) yang layak digunakan dalam pembelajaran menurut penilaian para ahli dan dapat dipahami oleh siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R amp D) dengan model penelitian ADDIE. Validasi melibatkan 1 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia sedangkan uji keterbacaan melibatkan 15 peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa para validator memberikan skor rata-rata 87 41% dengan kriteria sangat layak sedangkan responden memerikan skor rata-rata keterbacaan 91 20% dengan kriteria sangat layak. Ini berarti bahan ajar hasil pengembangan ini layak digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan litrasi ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200743

Actions (login required)

View Item View Item