Khusaini (2009) Penerapan pembelajaran fisika dengan the 5 e learning cycle model untuk meningkatkan kemampuan bertanya guru dan siswa serta prestasi belajar siswa kelas VII-E SMPN 4 Malang / Khusaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ceramah merupakan metode yang sering digunakan di kelas VII-E SMPN 4 Malang. Siswa menjadi pasif menerima semua informasi yang diberikan oleh guru serta kurang bersemangat selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Kecenderungan guru untuk selalu menyampaikan informasi menyebabkan kemampuan bertanya guru kurang berkembang. Siswa kurang berani mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan guru sehingga kegiatan pembelajaran terkesan terjadi dalam satu arah. Hal ini menyebabkan kemampuan berpikir siswa tidak berkembang dan prestasi belajar siswa menjadi rendah. Prestasi belajar yang rendah ini diindikasikan oleh nilai rata-rata kelas masih berkisar pada SKM yaitu rata-rata enam dan masih terdapat beberapa siswa yang harus remidi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya guru dan siswa serta prestasi belajar siswa. Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan the 5 E Learning Cycle Model. Model ini dapat meningkatkan kualitas pertanyaan guru dan siswa karena penerapan model ini dapat merangsang semangat siswa untuk mempertanyakan dan menemukan konsep pada setiap tahapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian dilakukan selama dua kali dengan disertai perbaikan setiap siklusnya. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan pemberian tindakan kelas observasi serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMPN 4 Malang dengan jumlah 39 siswa yang terdiri dari 24 orang putri dan 15 orang putra. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah Zat dan Wujudnya. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi pedoman observasi kemampuan bertanya guru dan siswa pedoman studi pendahuluan catatan lapangan perangkat audio visual soal pretes dan soal postes. Instrumen pembelajaran yang digunakan meliputi LKS dan RPP berdasarkan kurikulum 2004. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari perolehan nilai gain score siswa sebesar 0 49 untuk siklus I dan 0 55 untuk siklus II. Pertanyaan guru meningkat setelah menerapkan model ini pada jenis pertanyaan dan teknik bertanya yang digunakan oleh guru. Pertanyaan guru lebih banyak mengajak siswa untuk berpikir serta teknik bertanya guru sudah berusaha mengajak siswa aktif. Kemampuan bertanya siswa juga mengalami peningkatan. Peningkatan ini bisa dilihat dari jenis tingkatan berpikir yang digunakan siswa dalam bertanya. Pertanyaan yang semula pada tahap eksplanasi pada siklus I meningkat pada tahap elaborasi pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20074 |
Actions (login required)
View Item |