Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi suhu dan kalor / Atika Nadiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi suhu dan kalor / Atika Nadiana

Nadiana, Atika Nadiana (2022) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi suhu dan kalor / Atika Nadiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan bantuan multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 65 siswa kelas XI MIPA di SMAN 7 Malang semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan literasi sains berbentuk 18 soal pilihan ganda beralasan yang telah divalidasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji hipotesis (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 17 53 dan kelas kontrol mengalami kenaikan sebesar 8 42. Hasil uji hipotesis data memperlihatkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2 5688 gt 1 669. Berdasarkan hasil tersebut pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif lebih tinggi kemampuan literasi sainsnya daripada pembelajaran yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing. Peningkatan kemampuan literasi sains pada siswa kelas eksperimen yang lebih tinggi dipengaruhi oleh penggunaan multimedia interaktif yang diberikan kepada masing-masing siswa sebagai penguatan untuk memvisualisasikan fisik dari materi yang belum dipahami dengan lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200666

Actions (login required)

View Item View Item