Eksplorasi personal pedagogical content knowledge (ppck) melalui inkuiri naratif: profil ppck guru penggerak bidang fisika / ARIFA NI'MATUL FITRI - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi personal pedagogical content knowledge (ppck) melalui inkuiri naratif: profil ppck guru penggerak bidang fisika / ARIFA NI'MATUL FITRI

Fitri, Arifa Ni'matul Fitri (2022) Eksplorasi personal pedagogical content knowledge (ppck) melalui inkuiri naratif: profil ppck guru penggerak bidang fisika / ARIFA NI'MATUL FITRI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan PCK guru penggerak pengampu mata pelajaran fisika yang bersifat unik dan personal yang dikenal sebagai personal Pedagogical Content Knowledge (pPCK). Aspek-aspek pPCK guru dihimpun melalui cerita pengalaman guru dalam merencanakan dan mengajarkan materi gerak parabola serta momentum dan impuls. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan inkuiri naratif metode ini jarang digunakan untuk menggali pengetahuan PCK guru fisika secara personal. Pendekatan inkuiri naratif memungkinkan peneliti untuk menggali keseluruhan dari pengalaman belajar dan mengajar serta pengetahuan guru yang digunakan untuk mengajarkan materi tertentu. Guru penggerak juga merupakan istilah yang baru dalam dunia pendidikan Indonesia sehingga masih jarang penelitian yang berfokus untuk mengeksplorasi pengetahuan dari guru penggerak. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dan analisis dokumen RPP. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena dengan memaparkan pPCK dalam bentuk naratif dapat mengungkapkan komponen PCK yang dimiliki oleh guru penggerak dengan lebih jelas. Komponen PCK tersebut menjadi penanda bahwa guru penggerak merupakan guru profesional sehingga pengalaman mengajar dan merencanakan pembelajaran dari guru penggerak dapat diadaptasi oleh guru atau calon guru untuk pembelajaran di kelas mereka. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa guru penggerak merupakan guru profesional. Pengalaman guru dalam merencanakan dan mengajarkan materi gerak parabola serta momentum dan impuls sesuai dengan lima komponen PCK yang diusulkan oleh Magnusson. Komponen PCK tersebut terbentuk dari komponen-komponen pPCK yang dimiliki guru. Penelitian ini dapat menambah literatur tentang pPCK guru penggerak dengan memberikan contoh dari pPCK guru penggerak pengampu mata pelajaran fisika yang terdokumentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200660

Actions (login required)

View Item View Item