Magitasari, Athifa Magitasari (2022) Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) secara daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi pola bilangan pada siswa kelas viii c smp negeri 5 ngawi / ATHIFA MAGITASARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan ketika SMP Negeri 5 Ngawi sedang melaksanakan pembelajaran daring untuk menekan penyebaran COVID-19. Kegiatan pembelajaran secara daring pada masa pandemi COVID-19 melalui platform WhatsApp untuk menyampaikan materi dalam bentuk PowerPoint (PPT) maupun Word kemudian memberikan siswa penugasan untuk dikerjakan secara mandiri. Penugasan yang diberikan berupa soal latihan yang tergolong soal pilihan ganda dan soal uraian terkait materi pembelajaran. Peran siswa dalam kegiatan pembelajaran secara daring melalui platform WhatsApp selama masa pandemi masih kurang yaitu minimnya interaksi antara guru dan siswa saat kegiatan pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan siswa tidak aktif dalam dalam menjawab pertanyaan mengemukakan alasan terhadap pernyataan maupun memberikan sanggahan sehingga siswa hanya berfokus pada guru saja tanpa menganalisis mengkritik atau memikirkan ulang yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model PBL. Langkah pembelajaran yang yang diterapkan dalam penelitian ini dalam penerapan model PBL terdiri dari 5 langkah yaitu 1) mengorientasi siswa pada permasalahan mengorganisasikan siswa dalam belajar 2) membimbing siswa untuk melakukan penyelidikan individual/kelompok 3) menyajikan hasil karya dan 4) menganalisis atau mengevaluasi pemecahan masalah yang telah dilakukan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dimulai dengan tahap pra siklus dengan pengamatan sebelum penelitian dan tahap dua siklus. Tahap siklus terdiri dari (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 5 Ngawi tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan dengan menggunakan materi pola bilangan yang berlangsung pada bulan Agustus sampai dengan September 2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) soal tes kemampuan berpikir kritis lembar observasi kegiatan pembelajaran dan angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran matematika materi pola bilangan kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan mengajukan pertanyaan secara klasikal yang bersifat kontekstual sehingga siswa untuk memfokuskan perhatian mereka terhadap masalah pada langkah pertama yaitu mengorientasi siswa pada masalah membimbing siswa secara kelompok dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang membimbing siswa untuk menemukan pengetahuan baru pada langkah ketiga yaitu membimbing siswa untuk melakukan penyelidikan secara kelompok maupun individu memberikan reward kepada siswa mau mengikuti kegiatan pembelajaran aktif bertanya dan menyampaikan pendapat pada langkah terakhir yaitu pada langkah terakhir menganalisis dan mengevaluasi pemecahan masalah yang telah dilakukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200658 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |