Wibawanti, Adefa Sekti (2022) Komunikasi matematis siswa sebagai hots-literacy dalam menyelesaikan soal transformasi berdasarkan taksonomi solo / Adefa Sekti Wibawanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Komunikasi matematis dapat dikategorikan kedalam lima tingkatan pada Taksonomi SOLO yaitu prastruktural unistruktural multistruktural relasional dan extended abstract. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis dan lisan melalui penyelesaian sebuah soal materi transformasi sebagai salah satu wujud dari penguatan HOTS-Literacy serta wawancara yang dilaksanakan pada lima siswa kelas IX A SMP Lab. UM. Kemudian data yang diperoleh secara tertulis dan lisan akan dianalisis berdasarkan tingkatan pada Taksonomi SOLO. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kategori tinggi berada di tingkat relasional yaitu dalam menyelesaikan persoalan tersebut siswa menggunakan dua atau lebih informasi dari soal yang diberikan dan menghubungkannya sehingga dapat menarik kesimpulan. Siswa pada kategori sedang berada pada tingkat multistruktural yaitu dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan menggunakan dua atau lebih informasi tetapi tidak dapat menghubungkannya secara bersamaan. Sedangkan siswa pada kategori rendah berada pada tingkat prastruktural yaitu siswa mengalami kegagalan dalam memahami soal sehingga jawaban yang diberikan cenderung tidak benar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 08:09 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200651 |
Actions (login required)
View Item |