Sopian, M. Sopian (2022) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbantuan media manipulatif pada materi segiempat dan segitiga untuk siswa kelas vii / M. Sopian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbantuan media manipulatif pada materi segiempat dan segitiga untuk peserta didik SMP kelas VII yang valid praktis dan efektif dalam memahamkam konsep pada peserta didik. Penelitian pengembangan ini menerapkan model Plomp yang terdiri dari tiga fase. Fase investigasi awal terdiri dari analisis terhadap kurikulum dan konsep pembelajaran serta kemampuan peserta didik di suatu satuan pendidikan. Fase perancangan dan realisasi merupakan tahapan dalam mengembangkan produk penelitian yang akan diuji cobakan. Perangkat Pembelajaran berupa RPP LKPD dan soal evaluasi sebelum diuji cobakan akan divalidasi oleh validator. Fase penelitian serta uji coba produk dilakukan untuk menguji kepraktisan serta keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan hasil dari analisis data yang telah divalidasi LKPD mendapat nilai rata-rata yaitu 3 72 dengan kategori valid. LKPD juga memenuhi kriteria praktis dari hasil angket respon siswa dengan memperoleh nilai 3 66. Dan pada uji keefektifan dinilai dari hasil tes evaluasi subjek uji coba (siswa) yang memperoleh tingkat keefektifan sebesar 81 25% dengan kategori efektif. Oleh karena itu lembar kerja peserta didik berbantuan media manipulatif pada materi segiempat dan segitiga untuk kelas VII yang telah dikembangkan dapat dinyatakan valid praktis dan efektif dalam memahamkam konsep pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 07:52 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200648 |
Actions (login required)
View Item |