Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier tiga variabel (spltv) berdasarkan prosedur newman pada pembelajaran daring / Mimin Nazura Lisrahmat - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier tiga variabel (spltv) berdasarkan prosedur newman pada pembelajaran daring / Mimin Nazura Lisrahmat

Lisrahmat, Mimin Nazura Lisrahmat (2022) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier tiga variabel (spltv) berdasarkan prosedur newman pada pembelajaran daring / Mimin Nazura Lisrahmat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV berdasarkan prosedur Newman serta hal yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap tiga siswa kelas X MIPA-5 SMA Negeri 8 Malang sebagai subjek penelitian. Dari hasil penelitian ditemukan bentuk kesalahan yang dilakukan siswa pada setiap tahapan Newman yaitu meliputi 1) kesalahan membaca meliputi tidak dapat membaca soal dengan seksama dan tidak dapat memahami makna setiap simbol atau istilah penting yang terdapat pada soal 2) kesalahan memahami meliputi tidak dapat memahami informasi penting yang terdapat pada soal salah dalam menuliskan informasi yang tersirat dalam soal serta tidak menulis setiap informasi baik yang diketahui maupun ditanyakan dari soal 3) kesalahan transformasi meliputi kurang tepat dalam membuat ilustrasi untuk setiap variabel yang digunakan tidak menuliskan ilustrasi yang digunakan untuk setiap variabel dalam persamaan yang telah dibuat serta tidak dapat mentransformasikan informasi dalam soal ke bentuk matematis dengan benar dan tepat 4) kesalahan keterampilan proses meliputi tidak dapat melanjutkan prosedur perhitungan sampai menemukan jawaban akhir serta salah dalam menuliskan hasil perhitungan yang diperoleh dari proses eliminasi dan 5) kesalahan penulisan jawaban meliputi tidak menulis jawaban akhir tidak mencantumkan satuan pada jawaban akhir salah dalam menulis satuan pada jawaban akhir serta tidak menulis kesimpulan dari jawaban akhir sesuai dengan apa yang ditanya atau diminta pada soal. Penyebab kesalahan-kesalahan tersebut terjadi di antaranya karena tidak teliti terburu-buru tidak fokus takut kehabisan waktu ceroboh serta tidak mengecek kembali jawaban akhir yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200606

Actions (login required)

View Item View Item