Badriyanto (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif lkpd digital berbasis geogebra classroom pada materi operasi himpunan siswa sekolah menengah pertama / Badriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi membuka peluang agar pendidikan terus berkembang apalagi pada masa pandemi covid-19 pemanfaatan teknologi secara optimal sangatlah diperlukan. Perlunya penyesuaian terhadap LKPD yang merupakan media pembelajaran dan merupakan komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar agar sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi. Hasil observasi mendapatkan bahwa belum adanya penyesuaian terhadap hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD digital yang berbasisi geogebra classroom pada materi himpunan khususnya operasi himpunan. Penelitian ini menggunakan metode DDD-E dengan tahap decide design develop dan evaluate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7D SMP Laboratorium UM sejumlah 32 siswa. Proses uji coba dilakukan pada saat jam pelajaran berlangsung. LKPD digital berbasis geogebra classroom untuk materi operasi himpunan telah selesai dikembangkan. Media pembelajaran yang dikembangkan telah divalidasi dan didapatkan skor hasil validasi media 3 49 dan validasi materi 3 45 yang mengindikasikan bahwa media ini valid. Hasil uji kepraktisan yang didapat dari angket yang dibagikan pada siswa mendapatkan skor 3 24. Sedangkan untuk efektivitas mendapatkan skor 3 25 dan membantu 78% siswa mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan praktis dan juga efektif. Berdasarkan hasil validasi efektivitas dan kepraktisan LKPD digital berbasis geogebra classroom yang dikembangkan dapat digunakan untuk mempelajari topik operasi himpunan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 03:47 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200603 |
Actions (login required)
View Item |