Analisis scaffolding dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa ditinjau dari adversity quotient / Falahi Nurmaulina - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis scaffolding dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa ditinjau dari adversity quotient / Falahi Nurmaulina

Nurmaulina, Falahi (2022) Analisis scaffolding dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa ditinjau dari adversity quotient / Falahi Nurmaulina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman matematis merupakan bagian penting untuk siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan pemahaman dengan memanfaatkan scaffolding selain itu kecerdasan sikap siswa saat menghadapi kesulitan yang disebut Adversity Quotient juga memiliki pengaruh besar dalam pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan scaffolding dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa yang memenuhi kategori quitter camper dan climber. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket Adversity Response Profile soal pretest dan post test dan wawancara. Teknik analisis dalam penelitian sebagai berikut (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa (1) Subjek ZAM dengan kategori quitter mengalami peningkatan pemahaman matematis ke tingkatan tinggi setelah tindakan scaffolding (2) Subjek RWI dengan kategori camper mengalami peningkatan pemahaman matematis ke tingkatan sangat tinggi setelah tindakan scaffolding (3) Subjek ZAR dengan kategori climber mengalami peningkatan pemahaman matematis ke tingkatan sangat tinggi setelah tindakan scaffolding. Sehingga tindakan Scaffolding dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:29
Last Modified: 10 Jan 2023 07:16
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200599

Actions (login required)

View Item View Item