Visualisasi belalang sembah sebagai ide penciptaan karya seni lukis digital representasional / MOCH. IQBAL MAULANA - Repositori Universitas Negeri Malang

Visualisasi belalang sembah sebagai ide penciptaan karya seni lukis digital representasional / MOCH. IQBAL MAULANA

Maulana, Moch. Iqbal Maulana (2022) Visualisasi belalang sembah sebagai ide penciptaan karya seni lukis digital representasional / MOCH. IQBAL MAULANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu dari empat keterampilan yang dibutuhkan di jaman sekarang ini. Kemampuan berpikir kritis sangat penting sehingga perlu diajarkan dan dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik di SMAN 3 pamekasan di masa pembelajaran daring dalam menyelesaikan masalah geometri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskripkif. Materi geometri disekolah ini dilaksanakan dengan pembelajaran daring dikarenakan pendemi Covid-19. Subjek penelitian menggunakan siswa SMAN 3 Pamekasan kelas XII MIPA 1 yang berjumlah tiga orang. Pemilihan subjek berdasarkan nilai ulangan harian peserta didik pada materi geometri dan hasil diskusi peneliti dengan guru matapelajaran matematika wajib supaya subjek yang tepilih dapat mewakili kemampuan matematika tinggi sedang dan rendah dan subjek yang terpilih komunikatif disaat wawancara dengan peneliti subjek yang terpilih kemudian mengerjakan soal kemampuan berpikir kritis berupa tes tulis dengan sistem uraian dan setelah melaksanakan tes peserta didik diwawancarai. Hasil dari tes kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik menunjukkan ada perbedaan terhadap peserta didik berkemampuan tinggi sedang dan rendah dalam upaya menyelesaikan masalah geometri. Pada peserta didik berkemampuan matematika tinggi dapat memenuhi semua indikator berpikir kritis yang sudah ditetapkan oleh peneliti mampu memberikan penjelasan yang logis dan relevan dan mampu memberikan kesimpulan yang valid dan memberikan solusi diluar nalar dari permasalahan yang dikerjakan. Sedangkan peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis sedang dan rendah kesulitan dalam menemukan solusi penyelesaian yang lain diluar nalar. Peserta didik dengan kemampuan berpikir kritis rendah dan sedang tidak dapat memenuhi semua indiktor berpikir kritis yang ditentukan oleh peneliti

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200520

Actions (login required)

View Item View Item