Program visual dan analisis struktur kristal 3D untuk 230 grup ruang / oleh Teguh Prasetio - Repositori Universitas Negeri Malang

Program visual dan analisis struktur kristal 3D untuk 230 grup ruang / oleh Teguh Prasetio

Teguh Prasetio (2009) Program visual dan analisis struktur kristal 3D untuk 230 grup ruang / oleh Teguh Prasetio. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Senyawa dengan komposisi sama dapat memiliki penampilan dan sifat berbeda jika membentuk struktur kristal yang berbeda misal intan dan grafit me-miliki susunan atom yang sama namun dengan struktur yang berbeda. Struktur ti-dak hanya menentukan penampilan dari bahan namun juga menentukan sifat-sifat bahan. Sebagian struktur yang terbentuk memiliki periodisitas tertentu yang dise-but struktur kristal. Ilmu yang mempelajari tentang struktur kristal adalah Krista-lografi. Berbagai macam struktur yang telah diidentifikasi pada ruang 3 dimensi hingga saat ini berjumlah 230 grup ruang yang ditulis dalam tabel Wyckoff. Grup ruang menyatakan berbagai grup titik yang dilengkapi dengan simetri translasi dan atom rotasi dalam ruang yang menggambarkan berbagai kemungkinan posisi atom dalam sistem kristal. Dalam tabel Wyckoff untuk setiap grup ruang notasi posisi atom merupakan hasil kombinasi berbagai macam simetri struktur kristal. visualisasi struktur kristal perlu dilakukan untuk mengurangi kesalahan persepsi visual mengenai bentuk suatu struktur kristal. Sejauh ini telah banyak dikembangkan perangkat lunak untuk visualisasi struktur kristal namun program tersebut memiliki keterbatasan pengembangan bagi pengguna tidak semua program memiliki fasilitas untuk menampilkan data fisis panjang ikatan dan sudut ikatan antar atom dan belum terdapat program visual dan analisis struktur kristal 3 dimensi menggunakan bahasa Indonesia. Ber-dasarkan kondisi tersebut maka dalam skripsi ini penulis bermaksud membuat program untuk visualisasi dan analisis struktur kristal 3 dimensi untuk 230 grup ruang. Pada skripsi ini telah dihasilkan program Visual dan Analisis Struktur Kristal 3D untuk 230 Grup Ruang dengan menggunakan metode OpenGL pada Delphi 7.0. OpenGL adalah metode yang menggunakan library grafis untuk me-nampilkan efek visual secara 2 atau 3 dimensi. Efek visual yang digunakan pada program adalah efek 3 dimensi. Perbandingan hasil visual program dengan hasil visual pada teori menun-jukkan pola yang sama. Dan perbandingan hasil perhitungan panjang ikatan dan sudut ikatan antar atom pada program dengan perhitungan panjang ikatan dan sudut ikatan antar atom secara manual menghasilkan nilai yang sama. Program yang dihasilkan dibuat dengan prosedur yang terpisah sehingga memudahkan untuk melakukan pengembangan untuk analisis struktur kristal yang lebih kompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20052

Actions (login required)

View Item View Item