Visualisasi belalang sembah sebagai ide penciptaan karya seni lukis digital representasional / MOCH. IQBAL MAULANA - Repositori Universitas Negeri Malang

Visualisasi belalang sembah sebagai ide penciptaan karya seni lukis digital representasional / MOCH. IQBAL MAULANA

Maulana, Moch. Iqbal (2022) Visualisasi belalang sembah sebagai ide penciptaan karya seni lukis digital representasional / MOCH. IQBAL MAULANA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penciptaan karya dalam penciptaan ini pencipta berusaha untuk memfokuskan pada perilaku dan keunikan dari belalang sembah. Dari ide penciptaan tersebut didasari dari pencipta yang menemukan fakta-fakta bahwa belalang sembah mempunyai perilaku gestur tubuh dan fisiologi yang aneh sehingga hal tersebut bisa menjadi pembahasan yang menarik. Tujuan penciptaan karya seni visualisasi belalang yaitu (1) mengekspresikan ide gagasan mengenai kegemaran pencipta terhadap sikap dan perilaku belalang sembah (2) menjelaskan proses kreatif dalam berkarya seni (3) menghasilkan karya seni lukis digital yang bersubjek belalang sembah. Metode penciptaan karya seni ini menggunakan tiga tahapan yaitu tahap eksplorasi tahap perancangan dan tahap perwujudan serta di akhir akan menyelenggarakan sebuah pameran karya seni. Teknik yang digunakan dalam penciptaan ini yaitu teknik digital.. Dalam proses penciptaan ini pencipta menggunakan perangkat hardware berupa IPad generasi 6 dan perangkat software Procreate. Pengaplikasian sketsa kasar pewarnaan penyelesaian detail-detail serta pemberian background pada karya menggunakan software procreate. Kemudian mencetak hasil karya digital pada kertas art paper 230 gram berukuran 42cm x 60cm. Penciptaan ini menghasilkan 6 buah karya digital yang bersubjek belalang sembah yang berjudul 1. Kamuflase 2. Pengorbanan 3. Praying. 4. Predator 5. Pembasmi 6. K.O. Keenam karya tersebut disajikan dalam kegiatan pameran dengan bingkai minimalis bewarna hitam yang bertujuan untuk menonjolkan karya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 01:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200514

Actions (login required)

View Item View Item