Pengembangan media pembelajaran powerpoint membuat patung berbahan clay kelas ix semester 1 smp negeri 11 malang / WIEDA RIZKYA PUTRIE HABIBAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran powerpoint membuat patung berbahan clay kelas ix semester 1 smp negeri 11 malang / WIEDA RIZKYA PUTRIE HABIBAH

Habibah, Wieda Rizkya Putrie Habibah (2022) Pengembangan media pembelajaran powerpoint membuat patung berbahan clay kelas ix semester 1 smp negeri 11 malang / WIEDA RIZKYA PUTRIE HABIBAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 11 Malang ditemukan bahwa guru seni budaya membutuhkan media pembelajaran yang dapat diakses oleh siswa baik di sekolah maupun di rumah masing-masing karena adanya pandemi covid-19. Hal tersebut bertujuan agar siswa dapat lebih mudah mengerti bagaimana cara membuat patung berbahan Clay dengan benar dimanapun. Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint membuat patung berbahan Clay kelas IX Semester 1 SMP Negeri 11 Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis Design Develop Implement and Evaluate). Penelitian ini melibatkan uji ahli media dan ahli materi serta mengunakan subyek coba kelompok kecil. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa IX Semester 1 Semester 1. Pemilihan subjek uji respons kelompok kecil dilakukan dengan teknik sampling insidental. Jenis data pada penelitian ini berupa data campuran kualitatif dan kuantitatif yang dihasilkan dari angket untuk ahli media ahli materi dan siswa. Angket/ kuesioner dengan skala likert skor 1-4 kemudian konversi menjadi kuantitatif agar hasil akhir dari data tersebut dalam bentuk skor dan persentase dan dijabarkan menggunakan grafik dan dikonversikan menjadi deskriptif kualitatif. Hasil dari uji validasi mendapat hasil valid dan dengan persentase validitas media sebesar 98.75% dan persentase validitas materi sebesar 100% dan persentase respons siswa sebesar 93.27%. Dari hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint layak digunakan dengan kelebihan materi yang disampaikan sudah sesuai dengan kompetensi dan media yang menarik serta fungsional namun memiliki kekurangan pada audio yang terkesan monoton. Saran untuk peneliti dan pengembang selanjutnya agar tepat memilih dan memotong audio yang digunakan sebagai latar belakang dan menambahkan elemen suara lainnya agar audio tidak terkesan monoton.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:29
Last Modified: 26 Dec 2022 00:48
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200512

Actions (login required)

View Item View Item