Penerapan Project method dalam pembelajaran menulis Bahasa Mandarin di Universitas Negeri Malang / Moch. Mansyur Maulana Idris - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Project method dalam pembelajaran menulis Bahasa Mandarin di Universitas Negeri Malang / Moch. Mansyur Maulana Idris

Idris, Moch. Mansyur Maulana Idris (2021) Penerapan Project method dalam pembelajaran menulis Bahasa Mandarin di Universitas Negeri Malang / Moch. Mansyur Maulana Idris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Idris, Moch. Mansyur Maulana Idris. 2021. Penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Edy Hidayat, S.Pd., M.Hum. (II) Karina Fefi Laksana Sakti, S.Pd., MTCSOL. Kata Kunci: Project Method, Keterampilan Menulis, Bahasa Mandarin Project Method merupakan salah satu model pembelajaran yang berfokus pada kendali penuh atas kesempatan peserta didik untuk mengimplementasikan berbagai elemen dan unit yang ada dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan dan contoh pembelajaran secara langsung maupun tidak langsung, sehingga hasil produk yang dikembangkan dan (atau) dikerjakan mampu meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam mempelajari bidang tersebut. Penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis di Universitas Negeri Malang bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan Project Method dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin di Universitas Negeri Malang, dan (2) Respon peserta didik terkait penerapan Project Method dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin di Universitas Negeri Malang. Penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis di Universitas Negeri Malang melalui matakuliah Menulis I dilaksanakan dengan membagi aktivitas menjadi 3 (Tiga) tahapan, dimulai dari kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiatan akhir pembelajaran. Hasil pengamatan terhadap penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis di Universitas Negeri Malang melalui matakuliah Menulis I menyatakan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan kondusif, interaktif, sistematis dan informatif. Penerapan Project Method dalam proses pembelajaran diimplementasikan secara inovatif, variatif, dan solutif, sehingga penerapan Project Method dalam pembelajaran keterampilan menulis berbahasa mandarin tepat digunakan sebagai sebagai jalan keluar permasalahan yang dialami peserta didik dalam pembelajaran menulis karangan berbahasa Mandarin, baik dalam kebermanfaatan peserta didik, pendidik, maupun peneliti. Melalui hasil data angket “Respon Peserta Didik terhadap Penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis” menyatakan bahwa seluruh peserta didik mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dan problematika dalam mempelajari keterampilan menulis berbahasa Mandarin. Peserta didik mampu melatih keberanian dalam mengekspresikan kemampuan berbahasa Mandarin, mampu meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri dalam menulis berbahasa Mandarin, mampu memanajemen waktu dengan baik dan memecahkan berbagai permasalahan dalam belajar menulis bahasa Mandarin secara mandiri, intensif, dan terstrutktur, sehingga penerapan Project Method meningkatkan motivasi, antusiasme dan semangat belajar peserta didik dalam menulis bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2021 04:29
Last Modified: 10 Apr 2023 02:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200488

Actions (login required)

View Item View Item