Winarsih (2000) Upaya peningkatan keterampilan proses dan motivasi belajar fisika siswa kelas II semester I SMU Muhammadiyah 3Malang pada pokok bahasan listrik dunamis melalui penerapan pembelajaran berbasis contextual teaching and leanng (CTL) model inkuiri tahun ajaran 2003/2004 oleh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkahna silw awancarad engang uru Fisikak elasI I SMU Muhammadiya3h Malangm engernukakabna hwap elajaranb anyakd isampaikan denganm etodec eramahs edangkanm etodee ksperimenti dak pemahd ilakukan. Hal ini mengakibatkasni swab anyaky ang tidak tahub entuk k egunaand anc ara penggunaaanl at-alapt rakikurn fisika. Selaini tu juga dijelaskanb ahwam otivasi belajarf isikas iswar endah.H asilo bservaski elasm enunjukkank etikag unr mengajukapne rtanyaanke padas iswam erekad iam dant idak maum cnjawab. Salahs atum odelp embelajaranya ngdapatmeningkatkakne terampilanp rosesd an motivasib elajarf isika adalahp embelajarabne rbasisC ontexhul l eaching and Learning( CTL) model inkuiri yangt erdiri dari 4 tahapany airu pengajuan masalahp enstrukturanm asalahp engajuanh ipotesisd an eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaraCnT L model inkuiri dapatm eningkatkank eterampilanp rosesd an motivasbi elajarf isika siswak elasI I semesteIr SMU Muhammadiyah3 Malane padapokokb ahasanli strik dinamis.P enelitianti ndakank elasi ni terdiri dari 2 siklus.M asing-masingsi klust erdiri dari rencanati ndakan t indakan o bservasi danr efleksi.I nstrumeny ang digunakanu ntuk mengukurk eterampilanp roses adalahp edomano bservaski eterarnpilans edangkanm otivasib elajarf isika siswa diukur dengan insfiumen yang berupa observasi dan wawancara. Hasil analisisd an refleksip adas iklus I dan siklusI I menunjukkanb ahwa keterampilapnr osesd anm otivasib elajarf isika siswak elasI I semesteIr SMU Muhammadiya3h Malangm engalampi eningkatanK. eterampilanp rosess iswa selamap ernbelajaranm engalamip eningkatans ecarak eseluruhanu ntuk masingmasinga spekk eterampilanp rosesy ang dilatihkan m eliputi ( l) melakukan pengamatan(2 ) mengemukakahni potesis ( 3) melakukanp ercobaan ( 4) menggunakaanl atp ercobaan( 5 ) mengumpulkand ata ( 6) membuatg rafik (7) menerapkakno nsep ( 8) sertam enyusund an menyampaiakalna ponur.D alamh al motivasib elajarf isika siswam engalampi eningkatanp adai ndikator ( l ) mendalampi elajaranfi sika (2) keburuhanu ntuk kedasamad engank elompok ( 3) konsentrasilketajampaenr hatiante rhadapm atap elajaranfi sika (4) menghindari kesulitanp adam atap elajaranf isik4 dan (5) berusaham enyelesaikatnu fas. Sedangkain dikatory ang mengalampi enurunany airu kebutuhanb erprestasi lebihb aikp adam atap elajaranfi sika. Hasil penelitiani ni juga menunjukkan bahwas kenariop ernbelajarayna ngd ilengkapid enganL KS berbasisC TL model inkuirim ampum eningkatkank eterampilanp rosesd anm otivasib elajarf isika siswak elasI I semesteIr SMU Muhammadivah3 Malane.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Apr 2000 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2000 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20048 |
Actions (login required)
View Item |