Penerapan permainan tebak kata untuk meningkatkan maharah kalam siswa MA Maarif NU Nguwok Lamongan / Ihda Faizatul Abdah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan permainan tebak kata untuk meningkatkan maharah kalam siswa MA Maarif NU Nguwok Lamongan / Ihda Faizatul Abdah

Abdah, Ihda Faizatul (2022) Penerapan permainan tebak kata untuk meningkatkan maharah kalam siswa MA Maarif NU Nguwok Lamongan / Ihda Faizatul Abdah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Arab di MA ma rsquo arif NU Nguwok Lamongan diketahui bahwa penguasaan keterampilan berbicara (maharah kalam) siswa kelas XII masih tergolong rendah. Pernyataan tersebut diungkapkan langsung oleh guru bahasa Arab kelas XII dan terbukti dari nilai hasil pre-test siswa yang rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab khususnya keterampilan berbicara ataumaharah kalam. Selain itu kurangnya strategi dan media pembelajaran yang menarik yang digunakan oleh guru membuat siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran berlangsung.Salah satu metode yang cocok untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan permainan tebak kata. Peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MA MAarif Nguwok. Subjek peneliltian ini adalah 20 siswi. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui hasil angket wawancara observasi dokumentasi dan tes. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan permainan tebak kata dalam pembelajaranmaharah kalam siswa kelas kelas XII MA Ma rsquo arif NU Nguwok dan (2) peningkatan kemahiran berbicara dengan penerapan permainan tebak kata terhadap kelas XII MA Ma rsquo arif NU Nguwok. Penerapan permainan tebak kata dimulai dengan salam pembuka dilanjut dengan guru membahas teks hiwar dan memberikan (kosakata) terkait hiwar. Setelah materi tersampaikan guru membagi siswa menjadi dua kelompok besar masing-masing kelompok terdiri dari 10 anggota. Siswa diminta untuk memahami materi secara berkelompok untuk persiapan permainan. Setelah itu guru memulai permainan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan permainan tebak kata mengalami peningkatan yang signifikan. Dibuktikan dengan hasil pre-test post-test siklus I dan post-test siklus II. Hasil pre-test siswa memperoleh nilai rata- rata sebesar (73 95) dan presentase belajar siswa sebesar (65)% dan terdapat 7 dari 20 siswa yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada hasil post-test siklus 1 nilai rata-rata siswa (78 25) dan persentase belajar siswa sebanyak (85)% terdapat tiga siswa yang belum mencapai nilai KKM. Sedangkan hasil post-test pada siklus II iv siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar (84 85) dan persentase balajar siswa sebesar (100)% Angka tersebut menunjukkan bahwa seluruh siswa sudah mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Bahwa hipotesis dalam penelitian ini terbukti yaitu dapat meningkatkan penguasaan maharah kalam siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan tebak kata dalam pembelajaran bahasa Arab mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XII MA Ma rsquo arif NU Nguwok Lamongan.RINGKASAN Abdah Ihda Faizatul. 2020. Penerapan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswa MA Maarif Nu Nguwok Lamongan.Skripsi Jurusan Sastra Arab Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing (1) Dr. Ahmad Munjin Nasih Spd M.Ag (2) Laily Maziyah. Spd. M.Pd. Kata Kunci Permainan tebak kata Keterampilan berbicara MA Maarif NU Nguwok Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Arab di MA ma rsquo arif NU Nguwok Lamongan diketahui bahwa penguasaan keterampilan berbicara (maharah kalam) siswa kelas XII masih tergolong rendah. Pernyataan tersebut diungkapkan langsung oleh guru bahasa Arab kelas XII dan terbukti dari nilai hasil pre-test siswa yang rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab khususnya keterampilan berbicara ataumaharah kalam. Selain itu kurangnya strategi dan media pembelajaran yang menarik yang digunakan oleh guru membuat siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran berlangsung.Salah satu metode yang cocok untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan permainan tebak kata. Peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MA MAarif Nguwok. Subjek peneliltian ini adalah 20 siswi. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui hasil angket wawancara observasi dokumentasi dan tes. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan permainan tebak kata dalam pembelajaranmaharah kalam siswa kelas kelas XII MA Ma rsquo arif NU Nguwok dan (2) peningkatan kemahiran berbicara dengan penerapan permainan tebak kata terhadap kelas XII MA Ma rsquo arif NU Nguwok. Penerapan permainan tebak kata dimulai dengan salam pembuka dilanjut dengan guru membahas teks hiwar dan memberikan (kosakata) terkait hiwar. Setelah materi tersampaikan guru membagi siswa menjadi dua kelompok besar masing-masing kelompok terdiri dari 10 anggota. Siswa diminta untuk memahami materi secara berkelompok untuk persiapan permainan. Setelah itu guru memulai permainan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan permainan tebak kata mengalami peningkatan yang signifikan. Dibuktikan dengan hasil pre-test post-test siklus I dan post-test siklus II. Hasil pre-test siswa memperoleh nilai rata- rata sebesar (73 95) dan presentase belajar siswa sebesar (65)% dan terdapat 7 dari 20 siswa yang belum mencapai KKM. Sedangkan pada hasil post-test siklus 1 nilai rata-rata siswa (78 25) dan persentase belajar siswa sebanyak (85)% terdapat tiga siswa yang belum mencapai nilai KKM. Sedangkan hasil post-test pada siklus IIsiswa memperoleh nilai rata-rata sebesar (84 85) dan persentase balajar siswa sebesar (100)% Angka tersebut menunjukkan bahwa seluruh siswa sudah mencapai nilai KKM yang telah ditentukan. Bahwa hipotesis dalam penelitian ini terbukti yaitu dapat meningkatkan penguasaan maharah kalam siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan tebak kata dalam pembelajaran bahasa Arab mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XII MA Ma rsquo arif NU Nguwok Lamongan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2022 04:29
Last Modified: 01 Feb 2024 04:57
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200434

Actions (login required)

View Item View Item