PENGEMBANGAN MEDIA UTARA (ULAR TANGGA MUFRADAT) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH / Anita Maila Mafaza - Repositori Universitas Negeri Malang

PENGEMBANGAN MEDIA UTARA (ULAR TANGGA MUFRADAT) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH / Anita Maila Mafaza

Mafaza, Anita Maila Mafaza (2021) PENGEMBANGAN MEDIA UTARA (ULAR TANGGA MUFRADAT) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH / Anita Maila Mafaza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada tingkat Madrasah Ibtida’iyah masih banyak ditemukan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan wawancara yang dilakukan pada beberapa siswa kelas V ditemukan sebuah permasalahan, yakni siswa merasa kesulitan untuk mempelajarinya. Salah satu penyebab dari kesulitan tersebut adalah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dan penyampaian materi yang dianggap monoton sehingga mereka merasa bosan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkannya media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam proses kegiatan belajar. Salah satu media yang dapat memberi kemudahan siswa dalam mempelajari kosakata adalah media Utara. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan media permainan Utara untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtida’iyah, dan (2) Mendeskripsikan kelayakan media permainan Utara untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtida’iyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan atau RnD yang meliputi 8 tahapan, yaitu : (1) analisis kebutuhan, (2) desain produk, (3) pengembangan produk, (4) validasi produk, (5) revisi hasil validasi, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk, dan (8) desiminasi produk. Hasil dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan seperangkat permainan Utara yang mencakup: (1) Papan ular tangga mufradat, (2) Buku petunjuk permainan, (3) Dadu permainan, (4) Kartu kejutan, (5) Kartu teka-teki, dan (6) Kartu cerdas. Produk ini diuji coba pada 10 siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis deskriptif dipakai untuk menganalisis data kualitatif, dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan data deskriptif kuantitatif. Hasil uji kevalidan oleh ahli media, ahli materi, dan beberapa siswa kelas V MI memperoleh nilai keseluruhan sebesar 88,25%. Dengan demikian, pengembangan media ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2021 04:29
Last Modified: 10 Apr 2023 03:13
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200433

Actions (login required)

View Item View Item