Nila Mutia (2015) Pengaruh model project-based learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kepanjen / Nila Mutia Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK MutiaDewi Nila. 2015. Pengaruh Model Project-Based Learning TerhadapHasilBelajarFisikaPesertaDidikKelas XI MIA SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MatematikadanIlmuPengetahuanAlam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. KadimMasjkur M.Pd (II) Dra.ChusnanaInsjafYogihati M.Si. Kata Kunci model project-based learning hasilbelajarfisika Kurikulum 2013 menekankanpadapembelajarankontekstual.Pembelajarankontekstualdapatmembuatpesertadidiktertarikdantermotivasiuntukbelajar yang berpengaruhpadahasilbelajarmereka.Modelpembelajaranberbasiskontekstualyang dapatditempuhuntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidikadalah model Project Based Learning. Dalampembelajarandengan model ini pesertadidikdilibatkandalam transfer pengetahuandanketerampilanmelalui proses penemuandenganserangkaianpertanyaan yang tersusundalamtugasproyek. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Pre Test-Post Test Control Group Design. Subjek penelitianadalahpesertadidikkelas XIMIA6 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa teshasilbelajarfisikauntukpretestdanposttest yang diberikan kepada pesertadidiksebelumdan setelah pemberian perlakuan. Pengujian instrumen melalui teknik uji validitas reliabiltas dayabedadantingkatkesukaran.Teknik analisis data yang digunakan berupa ujiprasyaratdanujihipotesismenggunakanuji t sampel berpasangan (t-test sampel related). Data yang dianalisismerupakan data gain score. Gain scoreyaituselisihdarinilaiposttestdanpretest. Hasil penelitian menunjukkan bahwagain scorepesertadidik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki gain score44 09 sedangkan kelas kontrol memiliki gain score25 97. Hasil analisis uji-t padatarafnyata 0 05 menunjukkan bahwanilai ttabel
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |