Pengembangan media magnetic puzzle board untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa autis di slb idayu 1 / INDIRA SUKMAWATI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media magnetic puzzle board untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa autis di slb idayu 1 / INDIRA SUKMAWATI

Sukmawati, Indira Sukmawati (2022) Pengembangan media magnetic puzzle board untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa autis di slb idayu 1 / INDIRA SUKMAWATI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sukmawati Indira. Pengembangan Media Magnetic Puzzle Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Autis Di Slb Idayu 1. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri malang. Pembimbing (I) Drs. M. Shodiq AM M.Pd (II) Rizqi Fajar Pradipta M .Pd. Kata Kunci magnetic puzzle board membaca permulaan autis Berdasarkan temuan observasi di SLB Idayu 1 diperoleh bahwa ada siswa autis yang masih kesulitan dalam membaca padahal dalam pelajaran Bahasa Indonesia sangat diharapkan anak agar bisa membaca. Temuan lain yaitu bahwa siwa autis lebih tertarik dengan pembelajaran yang menggunakan media visual. Hal ini sesuai dengan karakter anak autis yang menggemari hal yang bersifat visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa papan magnet dengan pion berupa gambar dan huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak autis serta mengetahui kelayakan produk sebagai media pembelajaran membaca permulaan bagi anak autis. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) karena sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Research and development (R amp D) yaitu proses mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan (Borg and Gall 1983 772). Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan model papan magnet dengan pion-pion huruf sebagai media pembelajaran membaca permulaan siswa autis. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE menggunakan hasil penilaian validator untuk menentukan kelayakan produk dan sebagai bahan acuan perbaikan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media ini telah divalidasi oleh beberapa validator antara lain ahli media ahli materi dan praktisi dengan menghasilkan skor 89 6%. Dengan memperoleh hasil kelayakan produk atau sangat sesuai dengan adanya penelitian ini yaitu media Magnetic Puzzle Board ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi siswa autis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200309

Actions (login required)

View Item View Item