Pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa autis di smplb autis laboratorium universitas negeri malang / Hamdan Yuwafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa autis di smplb autis laboratorium universitas negeri malang / Hamdan Yuwafi

Yuwafi, Hamdan Yuwafi (2022) Pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa autis di smplb autis laboratorium universitas negeri malang / Hamdan Yuwafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuwafi Hamdan. 2021. Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Siswa Autis di SMPLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Shodiq AM M.Pd. (2) dr. Agung Kurniawan M.Kes. Kata Kunci Media Gambar Seri Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Autis Anak autis adalah anak dengan gangguan sosial emosi dan komunikasi sehingga mempengaruhi interaksi mereka dengan orang lain. Untuk itu perlu adanya sebuah media untuk melatih kemampuan komunikasi non-verbal mereka yaitu menulis salah satunya adalah dengan media gambar seri. Media gambar seri adalah kumpulan beberapa gambar yang disusun dengan nomor yang membentuk sebuah cerita yang runtut. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan awal menulis kalimat sederhana anak autis sebelum treatment (2) untuk mengetahui kemampuan akhir menulis kalimat sederhana anak autis setelah treatment (3) untuk mengetahui pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre experiment dan menggunakan desain penelitian one group pretest posttest. Subjek penelitian berjumlah 5 siswa autis di SMPLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Kegiatan Penelitian ini meliputi pretest 1 kali treatment 5 kali dan posttest 1 kali. Hasil penelitian diuji menggunakan Wilcoxon test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest adalah 14 dan posttest adalah 40. Setelah dianalis hasilnya adalah Z hitung sebesar -2 060 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 039 lebih kecil dari alpha 0 05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima sehingga media gambar seri mempunyai pengaruh terhadap kemampuan menulis kalimat sederhana siswa autis di SMPLB Autis Laboratorium Universitas Negeri Malang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media gambar seri berpengaruh terhadap kemampuan siswa autis dalam menulis kalimat sederhana setelah diberikan treatment. Saran dalam penelitian ini diperuntukkan kepada (1) sekolah agar menjadi referensi dalam memilih media pembelajaran (2) guru agar menjadi referensi dalam pembelajaran di kelas (3) peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan media gambar seri dan melakukan pengembangan subjek penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200292

Actions (login required)

View Item View Item