Implementasi keterampilan tata boga pembuatan stick untuk mengembangkan kemandirian siswa tunarungu di smplb idayu 2 kabupaten malang / Pebri Murtianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi keterampilan tata boga pembuatan stick untuk mengembangkan kemandirian siswa tunarungu di smplb idayu 2 kabupaten malang / Pebri Murtianingsih

Murtianingsih, Pebri Murtianingsih (2022) Implementasi keterampilan tata boga pembuatan stick untuk mengembangkan kemandirian siswa tunarungu di smplb idayu 2 kabupaten malang / Pebri Murtianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunarungu merupakan seseorang dengan gangguan organ pendengaran sehingga mengakibatkan kesulitan dalam melakukan interaksi dengan orang di sekitar. Berkaitan dengan kurangnya kemampuan mendengar tetap dapat mengembangkan potensi diri yang dimiliki maka salah satu usaha yang dapat dilakukan yaitu memberikan keterampilan ndash keterampilan yang dapat meningkatkan potensi yang dimiliki dalam mancapai kemandirian. Adanya keterampilan tata boga sebagai upaya mengembangkan kemandirian pada tunarungu untuk menyiapkan bekal hidup bermasyarakat. Tujuan Penelitian ini meliputi (1) Mendeskripsikan proses keterampilan tata boga pembuatan stick untuk pengembangan kemandirian pada siswa tunarungu (2) Mendeskripsikan pengaruh kegiatan pembuatan stick terhadap pengembangan kemandirian pada siswa tunarungu (3) Mendeskripsikan hambatan yang dialami selama pelaksanaan keterampilan tata boga pembuatan stick untuk pengembangan kemandirian pada siswa tunarungu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif.. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara dan lembar pengamatan terhadap implementasi keterampilan tata boga pembuatan stick untuk pengembangan kemandirian pada tunarungu. Analisis data menggunakan analisis data diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses kegiatan pembuatan stick yang dilakukan oleh siswa tunarungu (2) Kegiatan pembuatan stick memiliki pengaruh positif terhadap siswa tunarungu yaitu menghilangkan sikap individualis menumbuhkan sikap gotong royong meningkatkan konsentrasi serta memaksimalkan kegiatan sensor motorik pada siswa tunarungu (3) hambatan yang ditemukan adalah kurangnya fasilitas yang memadai di sekolah maupun di rumah. Diharapakan kedepannya SMPLB Idayu 2 Kabupaten Malang mampu menambah dan melengkapi fasilitas penunjang dalam kegiatan pembuatan stick yang dilaksanakan oleh siswa dengan hambatan tunarungu sehingga dalam pelaksanannya bisa berjalan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200240

Actions (login required)

View Item View Item