Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Lawang ditinjau dari multiple intellegence / Welhelmina Kameo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Lawang ditinjau dari multiple intellegence / Welhelmina Kameo

Welhelmina (2015) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Lawang ditinjau dari multiple intellegence / Welhelmina Kameo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kameo Welhelmina. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Lawang Ditinjau Dari Multiple Intelligence Siswa. Srikripsi Jurusan Fisaka Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kadim Masjkur M.Pd (II) Drs. Dwi haryoto M.Pd Kata Kunci Model Pembelajaran Discovery Learning Prestasi Belajar Fisika Multiple Intelligence. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Rendahnya prestasi belajar fisika saat ini dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah cara atau metode guru. Hal ini berkaitan erat dengan pemilihan model pembelajaran yang berfungsi sebagai penunjang keberhasilan proses pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap rata rata prestasi belajar fisika siswa SMA NEGERI 1 LAWANG ditinjau dari Multiple Intelligence siswa. Selain itu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran konvensional terhadap rata rata prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 1 lawang ditinjau dari Multiple Intelligence siswa yang berkategori tinggi dan rendah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode Kuasi Eksperimen (Quasy Experiment) dengan desain penelitian ini adalah Only Post-test Control Design. Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah Uji t-test namun sebelum uji ini dilakukan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Dari penelitian ini diperoleh nilai rata rata (mean) kelas eksperimen sebesar 70 82 dengan skor rata rata Multiple Intelligence sebesar 81 03 dan kelas kontrol kontrol sebesar 58 54 dengan skor rata rata Multiple Intelligence sebesar 76 14. Hasil perhitungan uji-t kemampuan akhir siswa ditinjau dari Multiple Intelligence siswa menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 4 87 sedangkan ttabel2 04 dengan taraf signifikan 5%. Hasil perhitungan uji-t untuk siswa yang berkategori Multiple Intelligence tinggi menunjukan bahwa nilai thitung 2 37 dan nKt 2 12. Sedangkan hasil perhitungan uji-t untuk siswa yang berkategori Multiple Intelligence rendah menunjukan bahwa nilai thitung 4 79 dan ttable 2 19. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara prestasi belajar fisika dengan model pembelajaran Discovery Learning dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Lawang ditinjau dari Multiple Intelligence siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20016

Actions (login required)

View Item View Item