Analysis of differences in social and emotional development of children aged 5-6 years on online learning and face-to-face limited at tk taman indria pare / Kristina Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analysis of differences in social and emotional development of children aged 5-6 years on online learning and face-to-face limited at tk taman indria pare / Kristina Kurniawati

Kurniawati, Kristina Kurniawati (2022) Analysis of differences in social and emotional development of children aged 5-6 years on online learning and face-to-face limited at tk taman indria pare / Kristina Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran selama new normal di Indonesia sesuai surat edaran No.03 Tahun 2021 menekankan bahwa pembelajaran tatap muka terbatas dapat dilakukan pada zona hijau. Ketetapan tersebut diambil oleh pemerintah Indonesia karena dampak pelaksanaan pembelajaran daring menimbulkan dampak negatif terutama pada perkembangan sosial dan emosional pada anak usia dini. Dampak terhadap perkembangan sosial dan emosional anak yaitu anak kehilangan minat belajar kedisplinan penurunan perilaku prososial cenderung emosional serta kehilangan perilaku mandiri dan tanggung jawab. Diterapkannya pembelajaran tatap muka terbatas diharapkan dapat meningkatkan perkembangan sosial dan emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mencari perbedaan pembelajaran daring dan tatap muka terbatas terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia 5- 6 tahun di TK Taman Indria Pare. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif karena peneliti membandingkan perbedaan perkembangan sosial dan emosional usia 5 mdash 6 tahun pada pelaksanaan pembelajaran daring dengan pembelajaran tatap muka di TK Taman Indria Pare. Penelitian yang akan dilakukan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu X untuk pembelajaran daring dan X1 untuk pembelajaran tatap muka. Kedua kelompok tersebut akan diuji dan diamati sesuai dengan instrument penilaian. Uji statistik paramentik pada penelitian ini yaitu dengan rumus paired sample t-test yang diketahui apabila nilai Sig.(2-tailed) lt 0.05 yang berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya adanya perbedaan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun pada pembelajaran daring dan tatap muka terbatas di TK Taman Indria Pare.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200146

Actions (login required)

View Item View Item