Manajemen pelaksanaan pembelajaran daring untuk optimalisasi belajar dari rumah anak di tk alam muara bungo (studi kasus) / Kholifah Utariah - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen pelaksanaan pembelajaran daring untuk optimalisasi belajar dari rumah anak di tk alam muara bungo (studi kasus) / Kholifah Utariah

Utariah, Kholifah (2022) Manajemen pelaksanaan pembelajaran daring untuk optimalisasi belajar dari rumah anak di tk alam muara bungo (studi kasus) / Kholifah Utariah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung saat penyebaranCoronaVirus diseases (COVID-19) dilaksanakan secara daring atau BelajarDari Rumah (BDR). Perubahan tersebut berdampak pada manajemenpelaksanaan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini untukmemperoleh gambaran manajemen pelaksanaan pembelajaran daring dariaspek perencanaan pengorganisasian pelaksanaan penilaian pengawasanyang disiapkan guru untuk mengetahui data hasil optimalisasi BDR di TKAlam Muara Bungo serta kendala dan upaya terjadinya pada pelaksanaanpembelajaran daring. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dan wawancara menggunakan google form observasi dan studidokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interaktif Miles amp amp Huberman. Diketahui bahwa hasil perencanaan yang diterapkan di TK Alamyakni membuat dan merancang RPP disajikan dalam bentuk videopembelajaran. Pengorganisasian dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasiWhatsApp dan youtube menggunakan handphone sebagai pendukungpembelajaran. Menentukan dan menyesuaikan cara dalam pengorganisasianpembelajaran daring dengan mengedepankan komunikasi dua arah yang baik.Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan sesuai rancangan RPP sekolahmeliputi kegiatan pendahuluan inti dan penutup. Penilaian menggunakantiga ukuran skala. Pengawasan dilakukan dengan aktivitas pendampingandari orang tua dan briefing bersama untuk mengevaluasi kekurangan dankelebihan pembelajaran serta melaporkan hasil belajar. Hasil optimalisasibelajar dari rumah menunjukkan lebih dari setengah karakteristik tercapaiketerlaksanaannya sedikit karakteristik belum dapat terlaksana dengan baik dan sedikitnya karakteristik yang pelaksanaannya sebagian tercapai denganbaik dan sebagian lainnya belum tercapai. Kendala yang ditemui yaknipenyampaian materi belajar yang tidak maksimal kurangnya responsif orangtua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:29
Last Modified: 13 Jan 2023 02:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200141

Actions (login required)

View Item View Item