Problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran masa pandemi covid-19 di kelas iv sdn 11 dompu nusa tenggara barat / Nur Dwi Qomariah - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran masa pandemi covid-19 di kelas iv sdn 11 dompu nusa tenggara barat / Nur Dwi Qomariah

Qomariah, Nur Dwi Qomariah (2022) Problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran masa pandemi covid-19 di kelas iv sdn 11 dompu nusa tenggara barat / Nur Dwi Qomariah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Qomariah Nur Dwi 2021. Problematika Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Masa pandemi Covid-19 Di Kelas IV SDN 11 Dompu. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Puri Selfi Cholifah S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Problematika Guru Pelaksanaan Pembelajaran Problematika merupakan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang ada di lapangan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN 11 Dompu di temukan bahwa terdapat kendala yang disebabkan perbedaan antara standar proses dengan praktik pembelajaran di sekolah. Pada kelas IV ditemukan kendala guru belum melakukan apersepsi penggunaan media terbatas dan kurang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui dan mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran pada siswa kelas IV SDN 11 Dompu Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini berupa guru kelas IV RPP dan lembar penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi selama kegiatan pembelajaran luring Tema 1 subtema 1 di kelas IV SDN 11 Dompu Nusa Tenggara Barat. Analisis data dalam penelitian ini difokuskan pada problematika guru kelas IV dalam perencanaan pelaksanaan dan penilian. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis data lapangan Model Mikes and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru mengalami problematika dalam perencanaan pembelajaran berupa penyusunan tujuan pembelajaran mengintegrasikan unsur 4C (critical thinking communication collaboration dan creativity) yang berupa creativity dan critical thinking pada RPP membuat media pembelajaran dan mencantumkan instrumen penilaian secara lengkap pada RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran guru mengalami problematika berupa pengelolaan kelas penggunaan media memunculkan pendekatan saintifik menampilkan unsur-unsur 4C (critical thinking communication collaboration dan creativity) dan kesulitan menarik kesimpulan bersama siswa. Pada penilaian pembelajaran guru mengalami problematika berupa banyaknya penyusunan instrumen penilaian serta keterbatasan waktu dalam melaksanakan penilaian aspek sikap pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200126

Actions (login required)

View Item View Item