Studi deskriptif jenis-jenis kesulitan menulis permulaan pada siswa kelas i upt sd negeri besuki 01 kabupaten blitar / ISMA YUNI KHOIRIYAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi deskriptif jenis-jenis kesulitan menulis permulaan pada siswa kelas i upt sd negeri besuki 01 kabupaten blitar / ISMA YUNI KHOIRIYAH

Khoiriyah, Isma Yuni Khoiriyah (2022) Studi deskriptif jenis-jenis kesulitan menulis permulaan pada siswa kelas i upt sd negeri besuki 01 kabupaten blitar / ISMA YUNI KHOIRIYAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk memperoleh data penelitian maka dilakukan dengan memberikan soal tes menulis permulaan kepada siswa kelas I yang memuat lima aspek penilaian yaitu aspek mengenal bentuk huruf melengkapi kata menyusun kata acak menjodohkan dan menulis kalima 2-4 kata. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis Milles dan Hubberman yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah siswa kelas I masih ada yang mengalami kesulitan menulis permulaan pada satu atau lebih aspek. Dari 26 siswa kelas I terdapat 1 siswa yang mengalami kesulitan pada aspek mengenal bentuk huruf 8 siswa kesulitan menulis pada aspek melengkapi kata rumpang 15 siswa dengan kesulitan menyusun huruf acak 1 siswa mengalami kesulitan pada aspek menjodohkan dan 13 siswa dengan kesulitan menulis kalimat 2-4 kata. Sedangkan sisanya sebanyak 7 dari 26 siswa tidak mengalami kesulitan sama sekali pada kelima aspek tersebut. Dari kelima aspek tersebut siswa kelas I paling banyak mengalami kesulitan pada aspek menyusun huruf acak dan menulis kalimat 2-4 kata. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sebanyak 19 dari 26 siswa kelas I UPT SD Negeri Besuki 01 mengalami kesulitan menulis permulaan pada aspek mengenal bentuk huruf melengkapi kata dengan huruf yang benar menyusun huruf acak menjodohkan gambar dengan kata dan menulis kalimat sederhana 2-4 kata. Jenis kesulitan menulis lainnya yang dialami siswa selain kelima aspek tersebut adalah (1) kesulitan mengenal huruf (2) sering mengurangi huruf yang ditulis dan (3) tidak adanya jarak dalam menulis. Faktor penyebab kesulitan menulis permulaan yaitu (1) kurangnya perhatian siswa ketika guru menerangkan di depan (2) siswa belum mengenal huruf sama sekali (3) tidak teliti ketika menulis (4) kurangnya perhatian yang diberikan orangtua di rumah dan (5) penggunaan media pembelajaran oleh guru masih kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200028

Actions (login required)

View Item View Item