Analisi nilai karakter dalam buku guru kelas v sekolah dasar tema 9 benda-benda di sekitar kita pada kurikulum 2013 / Kintan Aurelia Adrianova - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisi nilai karakter dalam buku guru kelas v sekolah dasar tema 9 benda-benda di sekitar kita pada kurikulum 2013 / Kintan Aurelia Adrianova

Adrianova, Kintan Aurelia (2022) Analisi nilai karakter dalam buku guru kelas v sekolah dasar tema 9 benda-benda di sekitar kita pada kurikulum 2013 / Kintan Aurelia Adrianova. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nilai karakter merupakan sikap dan perilaku yang dimiliki manusia dalam bertindak di kehidupan. Peningkatan nilai karakter dalam diri manusia perlu di tanamkan sejak dini. Sekolah dasar menjadi tempat peserta didik mendapat penanaman nilai karakter dan dapat terus dikembangkan. Guru menjadi seorang yang berkontribusi dalam memahami karakter melalui buku guru yang digunakan sebagai acuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) 5 nilai karakter dasar PPK sudah tercermin dalam Buku Guru Kelas V Sekolah Dasar Tema 9 Benda-Benda Disekitar Kita (2) Nilai karakter yang terdapat dalam Buku Guru Kelas V Sekolah Dasar Tema 9 Benda-Benda Disekitar Kita dan (3) Nilai karakter yang tidak terdapat dalam Buku Guru Kelas V Sekolah Dasar Tema 9 Benda-Benda Disekitar Kita dan disesuaikan dengan yang ada pada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi teori. Rancangan penelitian ini menggunakan analisis sumber data yaitu buku guru kelas V sekolah dasar tema 9 benda-benda di sekitar kita. Hasil penelitian ini dipaparkan bahwa Buku Guru Kelas V Sekolah Dasar Tema 9 Benda-Benda Di Sekitar Kita terbitan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitang Kemendikbud telah terdapat nilai karakter yang didapatkan dari setiap KD materi yang berkaitan dengan kurikulum 2013. Nilai karakter tersebut meliputi nasionalis kerja keras kreatif mandiri rasa ingin tahu cinta tanah air cinta damai gemar membaca peduli lingkungan peduli sosial dan tanggung jawab. Kesimpulan dari penelitian ini (1) Buku Guru Kelas V Sekolah Dasar Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita yang diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud telah memuat 4 nilai karakter yaitu nasionalis mandiri gotong royong dan integritas (2) Buku Guru Kelas V Sekolah Dasar Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita yang diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud memiliki 11 nilai karakter yaitu toleransi kerja keras kreatif mandiri rasa ingin tahu cinta tanah air cinta damai gemar membaca peduli lingkungan peduli sosial dan bertanggung jawab. Nilai karakter yang diperoleh dari setiap KD dan disesuaikan dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. (3) Nilai karakter yang terdapat dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter yaitu 18 karakter. Sedangkan terdapat 7 nilai karakter yang tidak ada dalam Buku Guru Kelas V Sekolah Dasar Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita yang diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud yaitu religius jujur disiplin demokratis semangat kebangsaan menghargai prestasi dan komunikatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 04 Apr 2024 01:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/200011

Actions (login required)

View Item View Item