Fepriyanto, Arief (2011) Pengembangan bahan ajar cetak IPS dengan menggunakan pendekatan desain grafis untuk SD/MI kelas IV semester I / Arief Fepriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan bahan ajar cetak desain grafis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dapat berjalan dengan baik dibutuhkan suatu media pembelajaran salah satunya adalah bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan dapat berupa silabus sistem penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) buku ajar lembar kerja siswa (LKS). Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Pengembangan bahan ajar cetak IPS dengan menggunakan pendekatan grafis untuk SD/MI kelas IV semester I Tujuan pengembangan ini adalah untuk menyediakan bahan ajar yang dapat menambah minat siswa dalam mempelajari pelajaran IPS sehingga dapat menciptakan suasana aktif dan kondusif dalam pembelajaran di kelas Pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian model Borg Gall yang telah dimodifikasi oleh Pramita. Langkah-langkah yang dilakukan adalah Pengumpulan Data Perencanaan Pengembangan produk awal Validasi produk Revisi Produk Awal Uji coba klompok kecil Revisi produk akhir. Bahan ajar yang dikembangkan adalah berupa buku pelajaran yang biasa digunakan dalam pembelajaran di kelas. Desain validasi yang dilakukan adalah validasi isi rancangan produk. Validasi isi rancangan produk dilakukan melalui validator ahli media ahli desain ahli materi validasi siswa secara perseorangan terdiri dari 2 orang siswa kelas IV SD yang memiliki tingkat kognitif berbeda dan validasi kelompok kecil yang terdiri dari 10 orang siswa kelas IV SD. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan presentase. Dari hasil penilaian pada validasi ahli media diperoleh presentase 96 6% yang berarti bahwa bahan ajar telah layak digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas. Hasil penilaian ahli desain diperoleh 86 6 % yang berarti bahwa bahan ajar telah layak digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas. Hasil penilaian pada validasi ahli materi diperoleh presentase 93 % yang berarti bahwa bahan ajar telah layak digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas. Hasil penilaian pada validasi secara perseorangan diperoleh presentase 92 5% sedangkan hasil penilaian pada validasi kelompok kecil diperoleh presentase 93 8% yang berarti bahwa bahan ajar telah layak digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas. Saran yang diberikan untuk peneliti selanjutnya adalah hendaknya dilakukan penelitian tentang efektivitas bahan ajar ini dalam pembelajaran IPS SD/MI kelas VI semester I.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |