Pemanfaatan media pembelajaran berbantuan komputer dengan menggunakan CD interaktif program macromedia flash pada mata pelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Jendral Sudirman Malang / Ana Munhidlatul Ummah

Ana Munhidlatul Ummah (2009) Pemanfaatan media pembelajaran berbantuan komputer dengan menggunakan CD interaktif program macromedia flash pada mata pelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Jendral Sudirman Malang / Ana Munhidlatul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, banyak lembaga pendidikan yang sudah memanfaatkan media pembelajaran berbantuan komputer, karena kemampuan komputer yang secara tepat dapat berinteraksi dengan siswa. Salah satu jenis media pembelajaran berbantuan komputer yang menjadi kajian penelitian di MIJS ini adalah media CD Interaktif program Macromedia Flash. Media ini merupakan softwere yang disajikan pada mata pelajaran matematika dalam bentuk soal yang dicocokkan dengan gambar dan mempunyai tampilan menarik. Berpijak dari latar belakang tersebut, rumusan masalah yang diteliti adalah: pertimbangan apa saja yang mendasari pemanfaatan media, bagaimana bentuk media, bagaimana tanggapan guru dan siswa, hambatan apa yang ditemui dan usaha apa yang ditempuh dalam meningkatkan efektivitas pemanfaatan media. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan analisis dokumen. Data penelitian diperoleh dari 32 orang dengan rincian satu guru matematika, satu pengelola laboratorium multimedia dan 30 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dari angket dianalisis menggunakan analisis persentase sedangkan hasil wawancara, observasi dan dokumen dianalisis secara kualitatif sehingga berbentuk rangkaian kalimat yang tersusun secara sistematis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: alasan yang mendasari pemanfaatan media CD Interaktif program Macromedia Flash bahwa media ini sangat menarik, mengikuti perkembangan IPTEK dan mempermudah siswa mempelajari matematika. Media ini berbentuk drill and practice yang disajikan berupa soal dan gambar yang harus dicocokkan oleh siswa serta dilaksanakan secara klasikal sesuai dengan prosedur pemanfaatan. Pemanfaatan media ini mempunyai tanggapan positif karena merupakan hal yang baru dan mendukung dalam proses pembelajaran, sehingga matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan. Hambatan yang ditemui adalah terbatasnya perangkat keras dan seringnya terjadi gangguan, kurang menguasai pengoperasian serta terbatasnya softwere yang digunakan. Usaha yang ditempuh dalam mengatasi hambatan adalah memanfaatkan media secara klasikal, membentuk satu tim guru mata pelajaran dan peningkatan pengadaan sofewere yang dilakukan dengan membeli, mendowload dari internet, merancang sendiri serta mengirim instruktur bidang multimedia untuk mengikuti pelatihan. Dari hasil tersebut disarankan kepada guru dan pengelola laboratorium multimedia media untuk dapat memanfaatkan media secara individual dan menggunakan softwere-softwere yang sekaligus dapat mengukur hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item View Item