Pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia kelas iv sdn 2 ngadirenggo kabupaten trenggalek pada masa pandemi / Rio Tristyananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia kelas iv sdn 2 ngadirenggo kabupaten trenggalek pada masa pandemi / Rio Tristyananda

Tristyananda, Rio Tristyananda (2022) Pelaksanaan pembelajaran bahasa indonesia kelas iv sdn 2 ngadirenggo kabupaten trenggalek pada masa pandemi / Rio Tristyananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan adanya pandemi ini mengakibatkan permasalahan yang terjadi pada pemahaman muatan pembelajaran bahasa indonesia. Adapun permasalahannya antara lain adalah (1) Guru kurang menguasai teknologi (2) Tidak semua siswa memiliki handphone pribadi (3) Adanya kawasan rumah siswa yang terjangkau sinyal internet (4) Tidak semua orangtua siswa dapat mendampingi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada kelas IV. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Wawancara dilalukan kepada guru. Adapun analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di masa pandemi menerapkan pembelajaran dengan metode daring. Pelaksanaan pembelajaran daring khususnya muatan Bahasa Indonesia di SDN 2 Ngadirenggo Kabupaten Trenggalek masih terdapat kekurangan berupa kekurangan guru dalam menyusun RPP yang tidak disertai lampiran LKPD. Dimana dalam penyusunan RPP hendaknya dilengkapi dengan LKPD agar guru lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tentang kesulitan pemahaman muatan pembelajaran bahasa indonesia kelas IV bagi guru SDN 2 Ngadirenggo pada masa pandemi hendaknya guru dalam melaksanakan pembelajaran merancang terlebih dahulu RPP sesuai kriteria melakukan koordinasi dengan orangtua siswa terkait perhatian terhadap siswa dan menyediakan tugas tertulis bagi siswa yang tidak memiliki handphone pribadi dan tempat tinggalnya tidak terjangkau siinyal internet agar mereka juga tetap mengerjakan tugas tugas yang diberikan ketika pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199957

Actions (login required)

View Item View Item