Pengembangan media papan catur digital untuk materi bangun ruang kelas vi sekolah dasar / Farhan Aditya Hasbi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media papan catur digital untuk materi bangun ruang kelas vi sekolah dasar / Farhan Aditya Hasbi

Hasbi, Farhan Aditya Hasbi (2022) Pengembangan media papan catur digital untuk materi bangun ruang kelas vi sekolah dasar / Farhan Aditya Hasbi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam proses belajar mengajar masa kini banyak sekali model metode ataupun cara mengajar guru yang sangat mendukung siswa dalam memahami materi atau pelajaran. Selain kompetensi guru sarana dan prasarana juga ikut berperan serta dalam mengembangkan potensi peserta didik. Salah satu bentuk sarana digunakan untuk menunjang keberhasilan pendidikan yaitu pengadaan media pembelajaran. Pengembangan media yang sesuai dengan perkembangan media saat ini yaitu multimedia. Multimedia terdiri dari beberapa unsur yakni audio visual audio dan visual yang ditampilkan secara digital. Salah satu pembelajaran yang memerlukan pengembangan media yaitu pembelajaran matematika khususnya bangun ruang. Bangun ruang adalah bagian ruang yang dibatasi oleh himpunan titik-titik yang terdapat pada seluruh permukaan bangun yang bisa disebut sisi. Bentuk dari bangun ruang ada bermacam-macam yakni kubus balok prisma limas tabung kerucut dan bola. Berdasarkan permasalahan di observasi awal media yang digunakan untuk pembelajaran bangun ruang masih monoton dan kurang inovatif. Setelah mengetahui data dan fakta peneliti merancang sebuah inovasi media berbasis IT berupa media papan catur digital. Dalam media papan catur terdapat material yang dibutuhkan seperti pion/bidak yang hanya bisa melangkah maju benteng yang melangkah secara vertikal atau horizontal gajah yang melangkah secara diagonal kuda yang melangkah secara huruf L ratu yang bisa melangkah ke 8 penjuru dan raja yang bisa melangkah satu-satu ke segala arah. Dalam penggunaan media ini peneliti menggunakan material benteng kuda dan ratu/menteri. Peneliti mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (analysis) desain (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Model ADDIE terdiri dari lima komponen yang saling berkaitan dan tersusun secara sistematis yang artinya dari tahap pertama sampai tahap terakhir dalam pengaplikasiannya harus sistematis dan tidak bisa dilakukan secara acak. Produk media papan catur digital untuk materi bangun ruang merupakan media permainan catur untuk mengasah ketrampilan siswa dalam persoalan bangun ruang. Media disajikan di dalam website yang kemudian dimainkan oleh siswa. Di dalam media terdapat persoalan tentang bangun ruang yang harus diselesaikan sesuai dengan aturan langkah bidak catur. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket validasi ahli materi ahli media dan pengguna. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif. Data diperoleh dari hasil skor pengisian angket menggunakan Skala Likert. Setelah itu data dianalisis tingkat kevalidan dan kepraktisannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media papan catur digital telah teruji valid dan praktis. Hasil uji validitas oleh ahli media memperoleh nilai persentase 90 9% tergolong valid menurut ahli media. Sedangkan hasil uji validitas oleh ahli materi memperoleh nilai persentase 94 3% tergolong valid menurut ahli materi. Hasil uji kepraktisan oleh pengguna memperoleh nilai persentase 95 1% tergolong valid menurut pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 02:27
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199882

Actions (login required)

View Item View Item