Manfaat ekonomi pemberdayaan masyarakat desa wisata (pandangan pelaku ekonomi dan pelaku budaya desa wisata adat suku osing kemiren glagah banyuwangi) / Shafira Pangestu - Repositori Universitas Negeri Malang

Manfaat ekonomi pemberdayaan masyarakat desa wisata (pandangan pelaku ekonomi dan pelaku budaya desa wisata adat suku osing kemiren glagah banyuwangi) / Shafira Pangestu

Pangestu, Shafira Pangestu (2022) Manfaat ekonomi pemberdayaan masyarakat desa wisata (pandangan pelaku ekonomi dan pelaku budaya desa wisata adat suku osing kemiren glagah banyuwangi) / Shafira Pangestu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan desa wisata bertujuan untuk melihat seberapa jauh pengembangan pemberdayaan industri desa wisata dapat bekerja pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan ekonomi daerah setempat. Pemberdayaan masyarakat pada program desa wisata dipandang sebagai kekecewaan jika manfaat ekonomi lebih bisa dirasakan orang luar daripada masyarakat sekitar desa wisata. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manfaat ekonomi kerugian dan kekhawatiran serta kebutuhan belajar yang dirasakan masyarakat desa wisata adat Suku Osing Kemiren Glagah Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan hanya melibatkan satu variabel data. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi dengan jumlah sampel sebanyak 164 responden yang terbagi dari empat kelompok responden yaitu kelompok sadar wisata (Pokdarwis) pelaku ekonomi pemilik homestay dan pelaku budaya. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan melalui empat tahapan yaitu (1) pemeriksaan data (2) pengkodean data (3) pembeberan data dan (4) penganalisisan data. Penelitian ini memperoleh hasil (1) keberadaan desa wisata Osing Kemiren Glagah Banyuwangi membawa manfaat ekonomi bagi pelaku wisata di sekitarnya. Hal ini berangkat dari ragam aktivitas peningkatan kompetensi yang dilakukan Pokdarwis berupa pelatihan studi banding dan pelatihan lainnya (2) kerugian dan kekhawatiran dari adanya desa wisata adat Suku Osing Kemiren Glagah Banyuwangi berujung pada sempitnya ruang bagi usaha lokal setempat akibat banyaknya pengusaha dari luar Desa Kemiren dan berkurangnya nilai kesakralan pada kegiatan kebudayaan (3) pelaku wisata dapat menemukenali kebutuhan belajar dari adanya desa wisata antara lain (a) keterampilan komunikasi (b) strategi pemasaran produk yang kreatif melalui media online (c) pelatihan Bahasa Inggris agar menunjang daya tarik wisatawan asing (d) strategi pemasaran budaya secara online dan offline Penelitian ini merekomendasikan bentuk kerjasama antara lembaga Pokdarwis dan PKBM atau LKP dalam pemenuhan kebutuhan belajar pelaku wisata melalui pelatihan percakapan Bahasa Inggris untuk menunjang kemampuan komunikasi pelaku wisata. Bagi pemerintah desa disarankan membuat keputusan yang berpihak pada masyarakat lokal serta optimalisasi peran instansi Kemenparekraf khususnya deputi bidang produk wisata dan penyelenggara kegiatan (events) disarankan membuat kegiatan pelatihan strategi pemasaran produk dan budaya yang kreatif melalui media online dan membuat events untuk pemasaran budaya dan produk lokal desa wisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199776

Actions (login required)

View Item View Item