Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen perubahan terhadap inovasi pembelajaran guru sma negeri se-kabupaten tulungagung di masa pandemi covid-19 / Dwi Pujirahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen perubahan terhadap inovasi pembelajaran guru sma negeri se-kabupaten tulungagung di masa pandemi covid-19 / Dwi Pujirahayu

Pujirahayu, Dwi Pujirahayu (2022) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen perubahan terhadap inovasi pembelajaran guru sma negeri se-kabupaten tulungagung di masa pandemi covid-19 / Dwi Pujirahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan transformasional adalah suatu model kepemimpinan yang mampu menginspirasi memimpin dan memotivasi pengikutnya untuk melaksanakan perubahan melalui pemberdayaan untuk mencapai tujuan tertentu. Komitmen perubahan guru dapat didefinisikan oleh sebagai keadaan pikiran yang mengaitkan individu dengan serangkaian tindakan yang memperhitungkan kebutuhan untuk mencapai keberhasilan dalam mengimplementasikan inisiatif perubahan. Inovasi pembelajaran adalah inovasi pembelajaran yang berlangsung atas dasar mendorong lahirnya ide-ide baru untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kepemimpinan transformasional kepala sekolah (2) tingkat komitmen perubahan guru (3) tingkat inovasi pembelajaran guru di masa pandemi covid-19 (4) pengaruh kepmimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen perubahan terhadap inovasi pembelajaran guru di masa pandemi covid-19. Hasil penelitian menggambarkan (1) Tingkat kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMA Negeri Se-Kabupaten Tulungagung berada pada rentang nilai 64-84 dalam kategori sangat tinggi (2) Tingkat komitmen perubahan guru di SMA Negeri Se-Kabupaten Tulungagung berada pada rentang nilai 54-72 dalam kategori sangat tinggi (3) Tingkat inovasi pembelajaran guru di masa pandemic covid-19 di SMA Negeri Se-Kabupaten Tulungagung berada pada rentang nilai 52-68 dalam kategori sangat tinggi (4) nilai t hitung untuk variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) adalah 9 556 gt tTabel 1 651 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lt 0 005 sehingga H1 diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap inovasi pembelajaran (Y) di SMA Negeri Se-Kabupaten Tulungagung di masa pandemi covid-19 (5) Nilai t hitung untuk variabel komitmen perubahan kepala sekolah (X1) adalah 11 794 gt tTabel 1 651 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lt 0 005 sehingga H2 diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan secara antara variabel komitmen perubahan (X2) terhadap inovasi pembelajaran (Y) di SMA Negeri Se-Kabupaten Tulungagung di masa pandemi covid-19 (6)Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 78% antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen perubahan terhadap inovasi pembelajaran guru SMA Negeri se- Kabupaten Tulungagung di masa pandemi covid-19. Berdasarkan hasil pengujian dengan menunjukkan nilai R yaitu sebesar 0 887 sehingga H3 diterima dengan nilai Adjusted R square sebesar 0 785 berarti menunjukan pengaruh yang kuat sebesar 78 5% antara variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen perubahan terhadap inovasi pembelajaran di SMA Negeri Se-Kabupaten Tuungagung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Tingkat kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung masuk dalam kategori sangat tinggi (2) Tingkat komitmen perubahan guru di SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung masuk dalam kategori sangat tinggi (3) Tingkat inovasi pembelajaran guru di SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung di masa pandemi covid-19 masuk dalam kategori sangat tinggi (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap inovasi pembelajaran guru di SMA Negeri se- Kabupaten Tulungagung di masa pandemi covid-19 (5) Terdapat pengaruh yang signifikan komitmen perubahan terhadap inovasi pembelajaran guru di SMA Negeri se- Kabupaten Tulungagung di masa pandemi covid-19 (6) Terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 78 5% antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen perubahan secara simultan terhadap inovasi pembelajaran guru di SMA Negeri se- Kabupaten Tulungagung di masa pandemi covid-19 sedangkan sisanya sebesar 21 5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Berdasarkan simpulan penelitian direkomendasikan (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung untuk melakukan pengawasan kepada para kepala sekolah untuk mempertahankan dan meningkatkan kepemimpinan transformasionalnya agar pembelajaran tetap berjalan secara efektif dan efisien meski masih dalam situasi pandemi Covid-19 (2) Kepala SMA Negeri se- Kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan kepemimpinan transformasionalnya sehingga dapat meningkat pula inovasi yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran utamanya di masa pandemi covid-1 (3) Guru di SMA Negeri se- Kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan komitmen perubahannya sehingga dapat meningkat pula inovasi yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran utamanya di masa pandemi covid-19 (4) Penelitian Lain penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komitmen perubahan guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap inovasi pembelajaran. Berdasarkan variabel penelitian yang digunakan pada penelitian ini hanya menggunakan 3 (tiga) variabel saja untuk itu perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan menambah variabel bebas sehingga dapat diketahui faktor lain yang juga mempengaruhi secara signifikan terhadap inovasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199754

Actions (login required)

View Item View Item