Manajemen program praktik kerja lapangan (PKL) dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 di SMKN 4 Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen program praktik kerja lapangan (PKL) dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 di SMKN 4 Malang

Amalia, Alsafanitul Amalia (2022) Manajemen program praktik kerja lapangan (PKL) dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 di SMKN 4 Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGAKASAN Amalia Alsafanitul. 2021. Manajemen Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di SMKN 4 Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidkan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nurul Ulfatin M.Pd. (II) Ahmad Nurabadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Manajemen PKL SMK Era revolusi industri 4.0 Saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang dimana perkembangan teknologi dan informasi sudah berkembang dengan pesat sehingga membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas agar mampu mengikuti perkembangan di industri. Sumber daya menusia juga dituntut harus memiliki kompetensi yang mampu bersaing di era revolusi industri 4.0 ini. Dengan hal tersebut SMK Negeri 4 Malang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan kurun waktu 1 tahun di industri sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi siswa untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Fokus penelitian ini adalah (1) Gambaran PKL dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi era revolusi indsutri 4.0 di SMK Negeri 4 Malang (2) Perencanaan program PKL dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 di SMK Negeri 4 Malang (3) Pelaksanaan program PKL dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 di SMK Negeri 4 Malang (4) Evaluasi program PKL dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 di SMK Negeri 4 Malang (5) Dampak yang diperoleh dari program PKL dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 di SMK Negeri 4 Malang di SMK Negeri 4 Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Teknik pada pengumpulan data melalui wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menerapkan triangulasi dengan membandingkan data dari informan yang berbeda melakukan pengecekan anggota dan meningkatkan ketekunan. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini yaitu praktik kerja lapangan (PKL) yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 4 Malang berlangsung selama 12 bulan atau 1 tahun yang bertujuan untuk memperoleh tenaga kerja yang professional serta keahlian nyata di industri. SMK Negeri 4 Malang telah bekerja sama dengan 200 sampai 300 indsutri yang tersebar dibeberapa kota di Indonesia dan melakukan siknronisasi kurikulum atau link and match antara sekolah dengan industri. Keterkaitan praktik kerja lapangan (PKL) yang dilakukan siswa SMK Negeri 4 Malang dengan era revolusi industri 4.0 yaitu adanya keterlibatan siswa pada kegiatan atau project pengembangan industri 4.0 seperti pembuatan otomatisasi di industri serta pembuatan teknologi tepat guna yang basisnya Internet of things (IoT). Output dari pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL) yaitu kesiapan siswa SMKN 4 Malang dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 lebih siap karena mereka lebih lama berada di industri dan sekolah telah melakukan kerja sama dengan indutri yang sudah siap mengikuti era revolusi industri 4.0. Sedangkan untuk outcomenya yaitu meningkatkan kepercayaan industri orang tua dan masyarakat sekitar Berdasarkan kesimpulan diatas penelitian ini dapat disarankan kepada (1) Kepala SMK Negeri 4 Malang diharapkan dapat meningkatkan pengawasan dalam manajemen program praktik kerja lapangan (PKL) agar dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam hardskill maupun softskill sehingga siswa lebih siap dalam menghadapai era revolusi industri 4.0 (2) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur diharapkan selalu mengikuti perkembangan industri 4.0 agar dapat mengupayakan dan meningkatkan dalam program praktik kerja lapangan (PKL) siswa SMK sehingga siswa dapat siap menghadapai era revolusi industri 4.0 (3) Komite SK Negeri 4 Malang Selalu membantu dan mengupayakan dalam mengelola program praktik kerja lapangan (PKL) agar siswa dapat menghadapi era revolusi industri 4.0 (4) Peserta Didik Disarankan siswa SMK dapat lebih meningkatkan semangat mengasah kompetensi yang ada di dalam diri serta fokus dalam melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) agar ilmu yang didapatkan di industri dapat terserap dengan baik sehingga siap dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 (5) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapakan dari hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi ataupun tema untuk penelitian mahasiswa lebih lanjut yang berkaitan dengan manajemen program praktik kerja lapangan (PKL) dalam meningkatkan kompetensi siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 dan (6) Peneliti lain agar melakukan penelitian yang berkaitan denga praktik kerja lapangan (PKL) di sekolah menengah kejuruan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 04:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199697

Actions (login required)

View Item View Item