Pengembangan permainan kartu kata dengan model team games tournament pada pembelajaran bahasa inggris materi simple present tense untuk siswa kelas vii smpn 1 baron / Muhammad Rizky Tian Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan kartu kata dengan model team games tournament pada pembelajaran bahasa inggris materi simple present tense untuk siswa kelas vii smpn 1 baron / Muhammad Rizky Tian Pratama

Pratama, Muhammad Rizky Tian Pratama (2022) Pengembangan permainan kartu kata dengan model team games tournament pada pembelajaran bahasa inggris materi simple present tense untuk siswa kelas vii smpn 1 baron / Muhammad Rizky Tian Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran simple present tense merupakan pembelajaran dasar pada bahasa Inggris namun masih banyak pembelajaran tenses dilakukan secara konvensional dan kurang inovatif. Seperti halnya yang terjadi di SMP Negeri 1 Baron guru mata pelajaran bahasa Inggris kelas VII hanya memanfaatkan buku LKS dan penjelasan secara verbal. Akibatnya siswa mudah bosan kurang bisa menangkap materi serta pasif. Padahal siswa harus aktif menggali dan mencermati setiap susunan kata dan rumus dalam kalimat tersebut secara berulang ulang untuk melatih memori jangka panjang siswa. Maka dari itu dikembangkan media pembelajaran berupa permainan kartu kata yang mengharuskan siswa untuk menyusun setiap kata yang ada pada kartu sesuai dengan urutan rumus simple present tense sehingga menjadi kalimat utuh yang runtut dan benar layaknya bermain kartu remi yang menyusun angka atau gambar. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran simple present tense untuk siswa kelas VII SMP yang berupa permainan kartu kata yang dikombinasikan dengan model TGT untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi sosial siswa ketika belajar. Media permainan kartu kata ini mengadopsi dari permainan kartu remi dan UNO yang diharapkan mampu menjadi media belajar siswa untuk mempelajari susunan simple present tense agar lebih menyenangkan mudah dan menjadi media yang mampu menciptakan suasanan belajar sambal bermain. Penelitian dilakukan menggunakan model pengembangan 4D (Thiagarajan 1974) yang terdiri dari 4 tahapan pokok yaitu define design development dan dissemination. Subjek penelitian pengembangan permainan kartu kata ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baron. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif (angket ahli materi ahli media dan responden/siswa) dan kualitatif (saran ahli materi ahli media). Media kartu kata diuji kelayakannya oleh ahli materi ahli media dan 24 siswa untuk uji coba pengembangan. Berdasarkan hasil angket ahli materi diperoleh total persentase 95% dan hasil angket ahli media diperoleh total persentase 98% dengan. Berdasarkan hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa media kartu kata layak digunakan untuk pembelajaran. Sedangkan untuk uji coba pengembangan pada siswa diperoleh total persentase 90%. Berdasarkan hasil penilaian responden untuk aspek vi materi diperoleh total persentase 91% untuk aspek media diperoleh 92% untuk aspek pembelajaran diperoleh persentase sebesar 89%. Sedangkan untuk tes hasil belajar pada 25 siswa kelas VII SMPN 1 Baron diperoleh rata rata nilai sebesar 82. Sehingga dapat disimpulkan media kartu kata layak digunakan untuk pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199624

Actions (login required)

View Item View Item