Pendirian pabrik gula krebet dan dampaknya terhadap masyarakat kabupaten malang (1906-1945) / Siti Nita Radna Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendirian pabrik gula krebet dan dampaknya terhadap masyarakat kabupaten malang (1906-1945) / Siti Nita Radna Sari

Sari, Siti Nita Radna Sari (2021) Pendirian pabrik gula krebet dan dampaknya terhadap masyarakat kabupaten malang (1906-1945) / Siti Nita Radna Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wilayah Kabupaten Malang merupakan sebuah wilayah pedalaman di Jawa Timur yang memiliki sejarah cukup panjang. Meskipun letaknya yang berada di pedalaman tidak menutup kemungkinan wilayah ini akan berkembang maju dibanding wilayah-wilayah pesisir yang lebih mudah dijangkau. Meskipun pada masa kolonial wilayah ini tidak terlalu diperhatikan oleh pemerintah kolonial akan tetapi hal tersebut berubah ketika pemerintah kolonial Belanda mulai mengembangkan bidang perkebunan. Wilyah kabupaten Malang yang subur dan cocok sebagai tempat tumbuh berbagai jenis tanaman menjadikan wilayah Kabupaten Malang berkembang menjadi wilayah perkebunan yang bahkan terdepan di pulau Jawa. Salah satu perkebunan yang terus mengalami perkembangan di Kabupaten Malang adalah perkebunan tebu seiring berkembangnya zaman perkebunan tebu di kabupaten Malang semakin besar hingga dibangun beberapa pabrik gula di kabupaten Malang. Salah satu pabrik gula yang didirikan di Kabupaten Malang adalah pabrik gula Krebet yang ada di desa Krebet Kabupaten Malang yang berdiri pada tahun 1906. PG Krebet memiliki sejarah yang cukup panjang dalam proses pendiriannya yang bahkan masih bertahan hingga masa kini. Dengan adanya pabrik tersebut maka terdapat dampak-dampak yang mengikutinya terutama di wilayah pabrik gula tersebut yaitu di sekitar.Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah yang akan dijabarkan diantaranya pertama bagaimana latar belakang didirikannya perkebunan yang ada di Kabupaten Malang tersebut serta sejarah berdirinya PG Krebet. Kedua bagaimana dampak dari adanya PG Krebet terhadap mayarakat. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian sejarah. Tahapan-tahapan dari metode tersebut yakni pemilihan topik pengumpulan sumber verifikasi (kritik sejarah keabsahan sumber) interpretasi analisis dan sintesis penulisan atau historiografi. Hasil penelitian ini menunjukakan bagaimana awalmulanya perkembangan wilayah perkebunan di Malang hingga tebu menjadi hasil utama perkebunan di Malang serta dampak dari adanya pabrik gula Krebet terhadap masyarakat sekitar. Dampak tersebut beragam baik secara langsung maupun tidak langsung. Dampak secara langsung dapat terlihat dari bergantungnya ekonomi masyarakat sekitar terhadap Pabrik Gula Krebet dan beberapa dampak lainnya sedangkan dampak secara tidak langsung dapat ditunjukkan dari meningkatnya jumlah penduduk kesadaran masyarakat sekitar dalam dunia politik dan keberagaman budaya yang ada di wilayah sekitar pabrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199588

Actions (login required)

View Item View Item