Identifikasi toponimi desa-desa kuno di probolinggo pada masa raja hayam wuruk 1359 m / MUHAMMAD FATHUR RIZKY - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi toponimi desa-desa kuno di probolinggo pada masa raja hayam wuruk 1359 m / MUHAMMAD FATHUR RIZKY

Rizky, Muhammad Fathur Rizky (2021) Identifikasi toponimi desa-desa kuno di probolinggo pada masa raja hayam wuruk 1359 m / MUHAMMAD FATHUR RIZKY. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Raja Hayam Wuruk merupakan raja Majapahit ke lima setelah raja atau ratu sebelumnya yaitu ibunda dari Raja Hayam Wuruk ialah Tribhuwanottunggadewi Jayawisnuwarddhani. Menurut beberapa ahli sejarah mengatakan bahwasannya Majapahit menjadi kerajaan yang makmur sejahtera di perintah oleh Raja Hayam Wuruk. Pada masa Raja Hayam wuruk pula terkenal Maha Patih yaitu Gajah Mada dengan sumpah untuk menyatukan Nusantara seutuhnya. Penelitian ini berkaitan dengan Raja Hayam Wuruk untuk mengetahui perjalannya di wilayah Probolinggo. Karya sastra pada masa Majapahit memberikan suatu informasi mengenai Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk salah satunya Kakawin N atilde garakr ecirc t atilde gama karangan Mpu Prapanca. Kakawin N atilde garakr ecirc t atilde gama ini cukup memberikan informasi mengenai aspek kehidupan di kota gambaran mengenai lingkungan keraton serta keluarga raja juga termasuk golongan-golongan agamawan dan pemerintahan. Kakawin tersebut yang menjadi sumber primer dari penilitian ini yang mana menggunakan metode sejarah. Penelitian ini memfokuskan pembahasan mengenai toponimi dan kedudukan desa-desa kuno di Probolinggo dan mengidentifikasinya. Langkah awal yaitu merute kembali perjalanan Hayam Wuruk yang pernah singgah di daerah Probolinggo kemudian mengidentifikasi toponimi dan kedudukan desa-desa yang menjadi persinggahan Hayam Wuruk dengan mengajinya dalam peninggalan arkeologi yang masih ada di desa-desa daerah Probolinggo dan menggunakan kajian toponimi. Langkah selanjutnya yaitu memetakan desa-desa yang sudah tercatat dalam persinggahan Hayam Wuruk pada Kakawin N atilde garakr ecirc t atilde gama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/199586

Actions (login required)

View Item View Item